Mitos Sumur Gandeng di Demak, Dipercaya Datangkan Jodoh dan Sembuhkan Penyakit

Mitos Sumur Gandeng di Demak, Dipercaya Datangkan Jodoh dan Sembuhkan Penyakit
Sumur Gandeng di Demak. (Tribunjateng)

Sumur Gandeng di Desa Bermi, Kecamatan Mijen, Demak, kabarnya punya air yang berkhasiat menyembuhkan penyakit sampai bisa membantu mendatangkan jodoh.

Inibaru.id – Di Desa Bermi, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, ada sepasang sumur yang nggak biasa. Sumur ini gandeng dan membentuk angka 8 kalau dilihat dari atas. Menariknya, banyak warga percaya kalau air dari sumur ini bisa mendatangkan jodoh atau menyembuhkan penyakit. Seperti apa sih cerita dari sumur gandeng di Demak ini?

Nama Bermi sebenarnya adalah akronim dari Sumbereng Bumi. Nah, nama terakhir ini juga terkait dengan sumur gandeng tersebut. Sumur ini dianggap bertuah gara-gara sumber airnya selalu stabil meski di musim kemarau. Karena alasan inilah, sumur ini punya nama asli Sumur Bandung Panguripan Sumsum Sumber Rezeki.

Yang menarik, air dari sumur ini kabarnya terkadang mengalami perubahan rasa dan warna, lo. Mengingat di sebelah sumur gandeng juga ada satu sumur lagi yang berdiri sendiri, maka warga juga sering menyebutnya dengan sumur gandeng tiga rasa, Millens.

“Di kawasan cagar budaya ini ada tiga sumur. Dua sumur yang bergandengan itu airnya hanya bisa digunakan untuk mandi. Sedangkan satunya lagi yang terpisah digunakan khusus untuk diminum,” terang juru kunci sumur tersebut, Mergono, Maret 2021.

Laki-laki berusia 41 tahun ini mengaku jadi juru kunci karena ditunjuk oleh seseorang yang sembuh usah menggunakan sumur tersebut. Padahal, sebelumnya, orang yang sakit itu sudah berobat di banyak tempat namun tak kunjung membaik.

Selain sumur yang bergandengan, ada satu sumur yang berdiri sendiri di sisi lain. (Wartajateng.id/Nizar)
Selain sumur yang bergandengan, ada satu sumur yang berdiri sendiri di sisi lain. (Wartajateng.id/Nizar)

“Dulu ada sesepuh yang sudah menjaga dan merawat cagar budaya ini. Suatu saat ada orang yang terapi selama 8 kali tidak sembuh-sembuh dan terakhir dengan saya Alhamdulillah bisa sembuh. Lalu dia bilang ‘kamu ini yang sejatinya juru kunci’,” cerita Mergono.

Selain dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, air sumur ini juga dipercaya bisa jadi solusi bagi orang-orang yang "seret" jodoh. Jadi, ceritanya, ada pasangan suami istri yang sudah nggak cocok lagi dan mau bercerai. Pihak keluarga pun meminta mereka untuk membersihkan badan dengan air dari sumur ini. Pada akhirnya mereka malah rujuk kembali.

“Dulunya air di sumur ini dikeramatkan sekitar tahun 1970-an sampai 1980-an untuk kesaktian. Namun lambat laun memiliki khasiat lain sebagai pengobatan hingga jodoh,” jelas Mergono.

Menariknya, Mergono tetap meminta orang-orang yang menggunakan air sumur ini untuk meminta pertolongan ke Yang Maha Kuasa. Dia pun menyebut air dari sumur ini hanyalah seperti perantara dari doa-doa mereka agar bisa dikabulkan. Hm, bijak juga ya saran dari sang juru kunci Sumur Gandeng ini.

Hm, menarik juga ya cerita dan bentuk dari Sumur Gandeng di Demak yang nggak biasa ini, Millens. (Jog, Sua/IB09/E05)