Mitos dan Cerita Mistis yang Masih Bertebaran dari Puing Kerajaan Banten

Mitos dan Cerita Mistis yang Masih Bertebaran dari Puing Kerajaan Banten
Bekas kerajaan Banten. (MUI)

Puing-puing kerajaan Banten menyisakan cerita mistis. Berbagai cerita mistis ini masih tersebar dari mulut ke mulut hingga sekarang.

Inibaru.id - Bekas kerajaan Banten yang kini hanya menyisakan puing-puing disebut dengan Surosowan. Hancurnya kerajaan ini disebabkan oleh Jenderal Daendels yang hanya menyisakan sedikit tembok bangunan.

Kini sisa puing Surosowan meninggalkan kisah mistis yang dipercayai oleh warga sekitar. Kisah yang paling terkenal adalah adanya macan gaib yang dipercaya sebagai peliharaan Sultan pada masa lalu. Hal ini diungkapkan oleh mendiang Sultan Banten Ismetullah.

Dua macan gaib dengan nama si Kapuk dan si Kumbang masing-masing memiliki bulu putih dan hitam. Konon, keduanya bisa ditemui di alun-alun Banten lama pada pukul 01.00 WIB atau 02.00 WIB setelah membaca selawat.

Sisa puing kerajaan Banten. (Wisata Banten)
Sisa puing kerajaan Banten. (Wisata Banten)

Cerita mistis ini terbukti dengan adanya kisah seseorang yang tiba-tiba kesurupan setelah nggak percaya dengan keberadaan keduanya. Bahkan sepasang suami istri yang ziarah ke makam Maulana Hasanudin diketahui juga mengalami kejadian mistis.

Sepulang dari ziarah setelah magrib, sampai ke rel kereta api sekitar 500 meter dari makam, tiba-tiba istrinya nggak bisa bicara. Keduanya kemudian meminta tolong pada ayah alm Ismetullah yang kemudian masuk ke makam dan membawakan air wasiat yang akhirnya dapat menyembuhkan perempuan tersebut.

Peristiwa gaib lainnya yang masih jadi buah bibir hingga kini adalah dilihatnya jemaah shalat dengan pakaian putih di depan keraton Surosowan. Jemaah itu jalan ke sungai Kepandean lalu hilang.

Padahal keraton Surosowan dan Masjid Banten telah ditinggalkan penghuninya. Kini area tersebut telah menjadi hutan belantara dan semak-belukar, ada pohon beringin, serta pohon sawo.

Dua harimau dipercaya dapat ditemui di alun-alun lama Banten. (Merdeka)
Dua harimau dipercaya dapat ditemui di alun-alun lama Banten. (Merdeka)

Bahkan berbagai binatang seperti ular, ayam hutan dan macan kecil sebesar kucing masih sering terlihat hingga awal 2000-an. Masyarakat sebelumnya telah melakukan pembersihan tahun 1942-1943. Dengan ilmu gaib seorang tokoh, hewan berbisa seperti ular digiring menuju gunung Pinang, bahkan tanpa disentuh.

Dalam ensiklopedia Banten, ular tanah berasal dari Banten. Ular tanah sangat berbisa, jika menggigit manusia bisa menimbulkan kematian. Katanya, setelah menggigit manusia, ular ini akan dicari oleh ular sesamanya untuk dibunuh. Kecuali jika ular itu telah menemukan air dan meminumnya. Hm

Mitos atau cerita mistis apa yang pernah kamu dengar terkait dengan kerajaan Banten ini, Millens? (Oke/IB27/E05)