Meski Sederhana, 3 Permainan Tradisional Ini Bikin Kamu Betah Berlama-lama Memainkannya

Meski Sederhana, 3 Permainan Tradisional Ini Bikin Kamu Betah Berlama-lama Memainkannya
Congklak adalah salah satu permainan tradisional yang masih asyik dimainkan hingga sekarang. (Flickr)

Permainan tradisional nggak kalah menyenangkan dibandingkan permainan modern. Beberapa permainan ini mungkin bakal mengingatkanmu pada masa kecil. Yuk, bernostalgia!

Inibaru.id – Kamu yang sedang bingung mau membeli mainan apa untuk anakmu, mungkin bisa melirik mainan-mainan tradisional.

Meski sederhana, beberapa mainan bisa mengasah keterampilan anak, lo. Nggak melulu harus mahal, dengan tiga permainan tradisional ini, kamu bisa punya waktu berkualitas dengan anak. Yuk, cek dulu daftarnya berikut ini!

Gasing

https://services.sportourism.id/fileload/img-3113jpg-AWTG.JPG?q=75

Gasing berevolusi dengan desain yang lebih bervariasi. (Sport Tourism)

Siapa yang nggak kenal mainan ini? Mulai dari model yang sederhana dari kayu hingga yang modern dari baja, gasing menjadi mainan yang cukup digemari anak-anak.

Baca Juga:
Bukan Semata Mainan, Gasing Juga Ajarkan Filosofi Hidup yang MendalamPutar-Putar Gasing, Mainan Tradisional yang Ikuti Perkembangan Zaman
Bukan dari Indonesia, Gasing Tertua Ditemukan di Negara Ini

Lewat mainan ini, mereka bisa belajar bagaimana keseimbangan membuat mereka menang. Cara memainkannya pun mudah. Selain itu, kamu juga bisa memilih desainnya sesuai dengan isi kantongmu.

Congklak

https://www.magz.restubpr.com/wp-content/uploads/2018/10/Permainan-Congklak.jpg

Congklak dibuat dari plastik, kayu, hingga batu. (Restu BPR)

Congklak sering dimainkan anak perempuan. Menggunakan bebatuan atau biji buah, mainan ini bikin anak betah. Dulu, konon congklak dimainkan dengan membuat beberapa lubang di tanah, dan dua lubang besar di kanan dan kirinya. Pemain kemudian mengisinya dengan beberapa batu atau biji.

Baca Juga:
Mari Bermain Congklak, Dolanan Anak yang Sarat Makna!
Gampang Banget, Bikin Papan Congklak Sendiri, yuk!
Congklak, Salah Satu Permainan Tertua di Dunia

Dengan mengambil biji-biji dari salah satu lubang, pemain lalu menyebarkannya ke lubang-lubang lain sampai habis. Eits, selain di tanah, congklak juga dimainkan dengan media dari kayu, batu, hingga plastik.

Engklek

https://gametradisionalku.files.wordpress.com/2018/05/engklek.jpg?w=809

Engklek, permainan dari Inggris yang menyebar ke seluruh dunia. (Game Tradisionalku/Wordpress)

Engklek, atau dalam bahasa Inggris disebut hopscotch, adalah permainan yang populer. Dengan menggambar beberapa kotak, kamu kemudian diharuskan melompat-lompat di dalam kotakan tersebut.

Baca Juga:
Engklek: Asli Inggris, Dibawa Anak-Anak Belanda ke Nusantara, Jadi Dolanan Tradisional di Indonesia
Mengenal Hopscotch, Nenek Moyang Permainan Engklek di Indonesia
Menyoal Tujuan dan Keteraturan Hidup lewat Permainan Engklek

Yang berhasil menjaga keseimbangan dan ketepatan, biasanya bakal lebih mudah untuk menang. Selain bikin badan lebih aktif bergerak, permainan ini mengajarkan kita berpikir logis dalam menyusun strategi.

Familiar dengan permainan-permainan itu kan? Hm, nggak ada salahnya, lo, untuk mengajarkan permainan-permainan itu pada anakmu. Mau ikut main juga boleh! Anak senang, hubungan dengannya pun makin erat. Menyenangkan kan? (IB15/E03)