Mengharapkan Kemakmuran bagi Sang Pengantin dengan Batik Sida Mukti

Mengharapkan Kemakmuran bagi Sang Pengantin dengan Batik Sida Mukti
Batik Sido Mukti. (Parahitacraft)

Batik Sida Mukti menjadi salah satu motif kain yang dipakai pasangan pengantin. Di balik warna merah yang cukup banyak menghiasi kain ini, ada harapan besar yang disematkan. Apakah itu?

Inibaru.id - Kemakmuran adalah salah satu hal yang diharapkan sepasang kekasih ketika membentuk keluarga baru. Bagi pengantin yang memilih menikah dengan adat Jawa, harapan ini dituangkan lewat kain batik. Salah satu motif batik yang menggambarkan kemakmuran adalah batik Sida Mukti.

Warna soga atau merah kecokelatan menjadi warna khas batik ini. Warna ini didapatkan dari pohon mengkudu, tegeran, dan jambal. Selain warna soga, coraknya menjadikan batik sida mukti makin menawan.

Terdapat beberapa ornamen yang digunakan yaitu kupu-kupu, sayap kupu-kupu, singgasana raja, gunungan, dan bunga. Ornamen-ornamen itu masih dilengkapi pula dengan isen-isen berbentuk sawut, cecekan, ukel, dan cecak pitu.

Sebelum menjadi batik dengan ciri khas sendiri, batik sida mukti dikembangkan dari batik sida mulya yang didominasi warna putih. Dengan warnanya yang khas, batik sido mukti pun menyimpan nilai-nilai yang mendalam.

Warna merah melambangkan semangat yang nggak padam dalam mencapai tujuan hidup berupa kemakmuran, lo.

Hm, kamu yang telanjur menyukai batik ini nggak ada salahnya mencoba menjahitkan kemeja atau gaun sendiri. Siapa tahu, dengan mengetahui makna batik ini, kamu bakal lebih giat bekerja untuk mengumpulkan tabungan persiapan pernikahan.

Boleh-boleh saja meminta bantuan orang lain untuk menanyakan pendapat mereka tentang gaunmu. Ini bakal bikin kamu tampil lebih menarik di hari H. Jadi, kamu yang pengin menikah dan berharap keadaan keluarga sejahtera, pakai batik ini untuk pernikahanmu, yuk! (IB06/E03)