Menggantung Bawang Jadi Cara Warga Yunani Peringati Tahun Baru

Menggantung Bawang Jadi Cara Warga Yunani Peringati Tahun Baru
Menggantung bawang menjadi cara unik memperingati tahun baru di Yunani. (Shutterstock)

Setelah digantung di pintu rumah menjelang tahun baru, keesokan harinya bawang-bawang itu digunakan untuk membangunkan anak-anak mereka. Inilah tradisi unik di Yunani

Inibaru.id – Keberuntungan, terhindar dari nasib buruk dan sial, atau murah rezeki dan jodoh selalu menjadi harapan besar menjelang pergantian tahun. Perwujudan dari harapan itu pun beragam. Masyarakat Yunani, misalnya, memiliki tradisi menggantung bawang menjelang pergantian tahun.

Bagi orang Yunani, menggantung bawang di pintu rumah menjelang Tahun Baru, yang di sana disebut Protochronia, dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan. Tradisi ini menandakan kelahiran dan pertumbuhan kembali.

Menggantung bawang. (Rosettastone

Perlu kamu tahu, di Yunani ada satu bawang khusus, semacam bawang laut, yang mampu tumbuh kembali dan memunculkan tunas baru hingga berdaun. Mereka percaya, bawang itu akan membawa keberuntungan setahun ke depan.

Pada tahun yang baru, para orang tua bakal membangunkan anak-anak mereka dengan bawang tersebut, yakni dengan memukul-mukulkan umbi bawang ke tubuh si anak. Mereka kemudian bakal bersiap-siap untuk bersama-sama berangkat ke gereja.

Tradisi yang unik dan boleh dicoba di rumah nih, Millens! (IB20/E03)