Menanti Kemeriahan Festival Budaya Cheng Ho di Semarang

Menanti Kemeriahan Festival Budaya Cheng Ho di Semarang
Pengunjung memadati pelataran Kelenteng Sam Poo Kong pada perayaan kedatangan Laksamana Cheng Ho. (Foto: Antara/ R. Rekotomo)

Sudah sering ke Semarang tapi belum pernah menyaksikan Festival Cheng Ho? Wah, rugi banget, Millens.

Inibaru.id – Kamu nggak akan kekurangan rekreasi kalau ke Semarang. Selain memiliki banyak tempat wisata, kamu juga bisa ikutan festival-festival seru. Nah, salah satu festival yang akan segera diadakan adalah Festival Cheng Ho. 

Festival Cheng Ho merupakan perayaan untuk memperingati kedatangan Laksamana Cheng Ho (Sam Poo Tay Djien) di kota Semarang ratusan tahun silam. Dia merupakan sosok penting pembuka jalan perdagangan antara Tiongkok dan Jawa.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Festival Cheng Ho merupakan festival tahunan yang unik. Bahkan, kemeriahan yang ada di festival ini membuat Festival Cheng Ho masuk ke dalam 100 Wonderful Events Kementerian Pariwisata pada tahun 2018.

Rangkaian Acara

Acara ini bakal diadakan dari tanggal 9 hingga 19 Agustus, lo. Mantap kan? Festival ini menjadi acara yang nggak boleh kamu lewatkan. Akan ada banyak acara seru yang bisa kamu ikuti mulai dari kirab patung dewa, festival kuliner Tionghoa, parade patung Laksamana Cheng Ho, dan berbagai atraksi seru lainnya.  

Pertunjukan budaya Festival Cheng Ho. (pedomanwisata.com)

“Festival Kuliner juga ada. Beragam kuliner nusantara serta Chinese food akan tersaji lengkap pada festival ini. Ini semakin menambah warna yang ada di Festival Cheng Ho 2018. Tentunya juga semakin memanjakan wisatawan,” ungkap Arief Yahya, seperti ditulis Fajar.co.id, Selasa (10/7/2018).

Rencananya ada juga pengobatan gratis buat siapa saja yang membutuhkan. Sayangnya, nggak bisa mengobati sakit hati karena ditinggal pacar, ya. He he.

Semuanya akan diadakan di halaman Kelenteng Agung Sam Poo Kong Semarang, Jalan Simongan Raya nomor 129 Semarang. 

Jadi, kamu kepingin datang kan? (IB07/E05)