Mengenal Batik Jawa Tengah, Dari Pekalongan hingga Solo!

Mengenal Batik Jawa Tengah, Dari Pekalongan hingga Solo!
Membatik. (Balairungpress)

Nggak hanya indah, setiap motif batik memiliki cerita dan maknanya tersendiri. So, kamu yang tinggal di Jawa Tengah wajib tahu. Apa saja?

Inibaru.id – Pengakuan UNESCO terkait batik di Indonesia tentu bukan tanpa alasan. Motif pada pakaian ini memang yang sangat indah. Maka, sudah pas kalau batik menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang paling berharga.

Eits, tapi nggak hanya memakainya pada berbagai kesempatan, motif batik juga wajib kamu ketahui. Di Jawa Tengah, setidaknya ada beberapa motif yang sangat khas. Apa saja?

Batik Pekalongan

Batik Pekalongan. (Hidupsimpel)

Salah satu motif batik paling terkenal di Indonesia ini memiliki pola seperti tanaman dan hewan dengan warna yang cenderung cerah.

Batik Solo

Batik Solo. (Hidupsimpel)

Batik khas Solo dikenal luas dengan ciri khas warna cokelat (sogan) yang didapatkan dari bahan pewarna alami. Motif Batik Solo yang khas adalah yang membentuk gelombang sungai Bengawan Solo.

Batik Jepara

Batik Jepara. (Batikku)

Nggak hanya dikenal sebagai Kota Ukir, Jepara juga memiliki motif khas batik tersendiri yang berbentuk flora dan fauna.

Batik Keraton

Batik keraton. (Grahabatik)

Pada zaman dahulu, motif batik Keraton hanya boleh digunakan oleh Sultan dan keluarganya. Namun, kini semua lapisan masyarakat boleh mengenakan salah satu motif batik tradisional yang sangat indah ini.

Gimana, tertarik berburu batik yang mana dulu? (IB20/E03)