Mengenai Shio 2020, Peramal Pecinan Punya Pandangan Sendiri

Mengenai Shio 2020, Peramal Pecinan Punya Pandangan Sendiri
Shio memang kerap dijadikan tolak ukur bagaimana nasib seseorang selama setahun ke depan. (Inibaru.id/ Audrian F)

Sebagian besar orang percaya jika tahun ini memiliki shio tikus logam. Tapi ternyata seorang peramal di Pecinan punya pendapat lain.

Inibaru.id - Bagi orang Tionghoa, tiap tahun dilambangkan dengan shio berupa hewan dan elemen tertentu. Ada 12 hewan yang mewakili tahun, bulan, dan jam dalam astrologi dan kebudayaan Tionghoa.

Nah, pada Selasa (14/1/2020) siang saya mencoba berkunjung ke tukang ramal Tionghoa yang lokasinya di Pecinan. Tepatnya di Jalan Wotgandul Timur nomor 23. Namanya Handoyo (69). Dia spesialis baca wajah, fengshui, dan shio.

Handoyo menyatakan kalau menentukan shio itu nggak bisa dalam waktu sebentar. Paling nggak butuh berhari-hari. Wah, ternyata nggak gampang ya.

“Setiap tahunnya ada 6 shio yang jatuhnya jelek dan 6 shio yang menanjak,” ucap Handoyo.

Ada satu pernyataan menarik yang saya dapat ketika mengobrol dengan lelaki ini. Handoyo berpendapat kalau tahun ini bukan tikus logam seperti yang banyak diberitakan, tapi tikus tanah. Lo kok?

Nggak cuma tahun ini dia berpendapat beda, Millens. Tahun kemarin pun yang dihitung sebagai tahun babi tanah, dia sebut sebagai babi kayu. Handoyo membeberkan perhitungan shio hasilnya nggak selalu sama.

Rumah Handoyo, peramal Tionghoa yang ada di Pecinan. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Rumah Handoyo, peramal Tionghoa yang ada di Pecinan. (Inibaru.id/ Audrian F)

“Begini, kalau tahun kemarin itu babi. Babi melambangkan kesejahteraan dan panjang umur. Tapi berbalik di tahun itu banyak yang sakit dan meninggal. Sementara tahun ini tikus. Tikus itu lambang kemuliaan tapi kemungkinan nantinya banyak yang terpeleset,” kata Handoyo.

Sementara untuk elemen, baginya tanah itu bisa menjadi tanda kalau tahun ini akan ada banyak longsor (bencana).

“Untuk penafsiran dari tikus tanah tersebut bisa berarti buat Indonesia ataupun Semarang juga bisa. Sementara untuk kemakmuran. Tahun ini sedikit lebih baik daripada tahun lalu,” tambah Handoyo.

Terus saya kepo dong shio mana yang untung dan mana yang buntung. Selamat ya buat kamu yang bershio babi, kerbau, kelinci, ular, ayam, dan anjing. Kata si bapak kamu bakal cuan (untung). Sisanya yaitu tikus, kuda, macan, anjing, naga, dan monyet bakal ciong (buntung). Nah, nasib yang paling parah diprediksi akan menimpa shio kuda dan macan. Hm, kamu percaya nggak?

Tapi, apa pun kata ramalan shio-mu, terus berusaha dan berdoa adalah langkah terbaik. Setuju nggak, Millens? (Audrian F/E05)