Mulai Langka, Mari Memburu Barongan Tegal saat Libur Lebaran!

Mulai Langka, Mari Memburu Barongan Tegal saat Libur Lebaran!
Barongan Tegal yang mulai langka. (Instagram/Ozzie Phonegraphy)

Mirip barongsai atau Tari Barong Bali, Barongan Tegal tampak unik lantaran kostumnya menggunakan karung goni. Sayang, kesenian ini sulit dicari lagi. Kamu tertarik memburunya selama liburan ini?

Inibaru.id – Libur Lebaran untuk pulang kampung ke Kabupaten Tegal, saatnya mendalami tradisi yang ada di sana. Pernahkah kamu mendengar Barongan Tegal?

Tenang, kalau nggak pernah mendengarnya, kamu nggak sendirian. Kesenian ini memang sudah jarang dimainkan di Tegal.

Permainan yang menunjukkan kelincahan pemainnya ini mirip barongsai di Tiongkok yang identik dengan kostum singanya. Ini juga setali tiga uang dengan Tari Barong dari Bali. Yang membedakan, kostum barongan Tegal dibuat dari karung goni.

Barongan. (Videomoviles)

Karakter barong sebenarnya sudah dikenal dalam mitologi Jawa, Sunda, Bali, dan Madura. Jadi nggak heran bahwa beberapa daerah di Pulau Jawa, terutama Jawa Tengah, memiliki beragam versi seni barongan.

Barong dianggap sebagai perwujudan raja para roh, sekaligus sebagai roh pelindung. Baik barongan, tari barong, maupun barongsai berwujud seekor singa, yang merupakan lambang kebaikan dan pelindung.

Dibanding Tari Barong Bali dan barongsai, kostum barongan Tegal terbilang paling sederhana, yakni dari karung goni cokelat dengan topeng kayu yang dicat menyerupai singa. Kostum itu hanya bisa dipakai seorang pemain.

Barongan. (Infotegal)

Barongan biasa dimainkan dalam acara hajatan, misal khitan atau peringatan Kemerdekaan Indonesia. Digelar bersama dengan kuda lumping, pertunjukan itu juga konon melibatkan roh halus yang merasuki tubuh. Seru!

Sayang, keseruan itu hanya bisa dinikmati mungkin terakhir sekitar sedekade lalu. Selain nggak ada yang nanggap, pemain barongan juga sudah banyak yang beralih profesi atau pensiun. Duh, syediih! Hm, mungkinkah menjumpai barongan lagi saat kamu mudik ke Tegal? (IB20/E03)