Membedah Makna Ornamen-Ornamen Batik Sida Mukti

Membedah Makna Ornamen-Ornamen Batik Sida Mukti
Batik Sida Mukti. (Parahitacraft)

Batik Sida Mukti memiliki beberapa ornamen yang cantik. Nggak hanya cantik, maknanya pun bikin kamu merenung. Sebelum memilihnya, sudah tahukah kamu makna ornamen-ornamennya?

Inibaru.id - Batik Sida Mukti memiliki filosofi hidup yang indah. Filosofi hidup ini juga menjadi gambaran harapan sepasang pengantin yang melangsungkan pernikahan dengan adat Jawa.

Selain filosofi yang indah, batik ini juga dilengkapi ornamen-ornamen yang cantik. Berikut beberapa ornamen yang menjadi ciri khas batik sida mukti.

Meru

Meru atau Gunungan menjadi ornamen yang menghiasi batik sida mukti. Ornamen ini merupakan simbol harapan bahwa si pemakai kelak menjadi orang yang mampu mengendalikan hawa nafsu dan memiliki keteguhan hati.

Jika orang itu mampu mengendalikan nafsunya, dia akan mendapatkan hidup yang makmur.

Bunga

Bunga menjadi lambang keindahan sekaligus kesuburan. Tanaman yang berbunga akan melahirkan biji-biji baru yang menjadi simbol kehidupan. Jika pengantin memilih menggunakan batik sida mukti dengan ornamen bunga, mereka diharapkan bisa mendapatkan keturunan dengan mudah.

Singgasana Raja

Selain bunga dan meru, batik sida mukti memiliki ornamen berbentuk singgasana raja. Singgasana raja menjadi simbol harapan semoga sang pengantin mampu mendapatkan kekayaan, kemakmuran, dan kesejahteraan.

Dengan status sosial dan ekonomi yang baik, pengantin diharapkan pula memiliki pernikahan yang harmonis.

Kupu-kupu

Kupu-kupu menjadi ornamen yang biasa dijumpai di batik ini. Proses metamorfosis yang dialami kupu-kupu menjadi simbol bahwa manusia haruslah bersabar dan telaten jika pengin meraih setiap tujuannya. Ini juga menjadi nasihat bagi para pengantin agar setia menemani pasangan dalam suka dan duka.

Dengan filosofinya masing-masing, keempat ornamen ini tentu saja menggambarkan bagaimana kelak pernikahan harus kamu hadapi.

Meski batik sida mukti menjadi salah satu kostum menikah yang indah, yang terpenting sesungguhnya bagaimana kamu mempersiapkan lahir dan batinmu. Menikahlah saat sudah benar-benar siap, bukan hanya karena tertarik dengan segala persiapannya ya, Millens! (IB06/E03)