Memahami Makna Warna-Warna dalam Batik Poleng Bang Bintulu

Memahami Makna Warna-Warna dalam Batik Poleng Bang Bintulu
Motif batik poleng bang bintulu pada kain yang dikenakan Werkudara. (Jonchejonrado.blogspot)

Dengan empat warna, Batik Poleng Bong Bintulu menyimpan penjelasan tentang karakter-karakter yang membawa manusia pada kemenangan dan kejatuhan spiritual manusia. Lewat batik ini pula, kamu memahami bahwa manusia punya banyak pilihan untuk menuju pada sang pencipta.

Inibaru.id - Sebagai tokoh pewayangan Jawa, Werkudara memiliki keistimewaan. Nggak hanya dari segi kekuatan, karakternya pun mencerminkan keberanian. Untuk menegaskan karakternya, dia juga digambarkan mengenakan Batik Poleng Bang Bintulu.

Batik Poleng Bang Bintulu memiliki empat warna yakni merah, kuning, hitam, dan putih. Keempat warna ini mewakili elemen-elemen di Bumi yaitu api, tanah, angin, dan api. Setiap elemen-elemen ini memiliki makna yang mendalam. Selain elemen, setiap warna yang tergambar dalam batik ini juga menjadi gambaran watak manusia, lo. Simak dulu artinya, yuk.

Hitam

Kuat dan nggak terkendali. Meski kuat, warna ini juga menjelaskan watak si pemakai yang mudah tersinggung. Watak manusia yang mudah tersinggung pula yang membuat perselisihan kerap terjadi.

Dengan arti warna seperti ini, manusia juga seharusnya berintrospeksi diri untuk nggak semena-mena menggunakan kekuatannya saat berkuasa.

Merah

Seperti hitam, warna merah menggambarkan karakter jelek manusia, yaitu gampang menuduh. Orang yang gampang menuduh menggambarkan kurangnya akal dalam pengendalian emosi. Ini juga membuat manusia nggak waspada sehingga rentan dijatuhkan lawannya.

Kuning

Kuning sejatinya menjadi warna emas. Warna ini menjadi simbol watak manusia yang serakah terhadap uang dan kekuasaan. Selain watak manusia yang serakah, kuning juga menggambarkan napsu manusia terhadap seks.

Putih

Di antara warna-warna lain, warna inilah yang memiliki arti paling bagus. Putih melambangkan kesucian hati dan akal manusia yang senantiasa mengingat Tuhan. Dengan menjauhi kesenangan duniawi, manusia diharapkan mampu bersatu dengan Sang Ilahi.

Wah, dalam selembar kain batik saja, terdapat banyak makna yang bikin berpikir ya. Filosofi mendalam ini tentu nggak hanya bisa kamu jumpai di batik poleng bang bintulu saja, lo. Jangan sekadar memakai, kamu juga sebaiknya mempelajari makna-makna batik lain ya! (IB15/E03)