Melihat Aneka Festival Lampion di Asia

Ternyata nggak hanya Indonesia yang punya festival lampion di perayaan hari raya Waisak. Negara-negara berikut juga punya festival serupa yang nggak kalah seru, lo. Yuk, lihat cerita lengkapnya!

Melihat Aneka Festival Lampion di Asia
Para biksu, umat Buddha, dan peserta lain melepas 2.000 lampion secara serentak di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Selasa (29/5/2018). (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Inibaru.id – Beberapa hari yang lalu tepatnya pada 29 Mei 2018, umat Buddha Indonesia merayakan Hari Raya Waisak. Candi Borobudur sebagai candi Buddha terbesar di Indonesia menjadi pusat perayaan tersebut. Nah, Festival Lampion yang digelar menjelang tengah malam adalah puncak dari perayaan tersebut.

Lampion yang diterbangkan memang kerap menjadi bagian dari pelbagai festival, baik di Indonesia maupun mancanegara. Banyak orang rela berbondong-bondong menyaksikan dan mengabadikannya. Bayangkan, ada ratusan, bahkan ribuan, lampion menyala diterbangkan kemudian membelah langit yang pekat, indah, bukan?

Selain Festival Lampion di Borobudur, sejumlah negara juga tercatat menjadikan lampion sebagai bagian dari perayaan di sejumlah negara. Dikutip dari Detik.com (29/5/2018), aneka festival lampion di Asia ini mungkin untuk kamu tahu.

  1. Festival Hoi An di Vietnam

Festival Hoi An. (vietnamdrive.com)

Hoi An adalah kota tua di Vietnam yang berada di pesisir Laut China Selatan. Kota tersebut adalah bagian dari Provinsi Quảng Nam. Nah, tiap bulan purnama, listrik di Hoi An akan dipadamkan. Lampu lalu lintas juga dialihkan. Pada hari itu jalanan akan menjadi milik masyarakat sepenuhnya.

Saat itulah penduduk setempat akan menyalakan lampion. Dalam festival tersebut, masyarakat juga akan melakukan tradisi menghanyutkan perahu dari kertas warna-warni yang diberi lilin. Sungguh menawan!

  1. Festival Lampion Kue Bulan di Tiongkok

Festival Lampion Kue Bulan di Tiongkok. (ingo.io)

Festival kue bulan diadakan secara rutin tiap bulan ke-8 dalam kalender Tiongkok. Festival ini ada untuk merayakan hasil panen yang berlimpah. Sama seperti Festival Hoi An di Vietnam, Festival Lampion Kue Bulan juga berlangsung saat puncak bulan purnama.

Dalam festival ini, seluruh anggota keluarga akan berkumpul untuk makan kue bulan dan minum teh. Hiasan lampion yang digantung pada setiap rumah dan sudut jalan akan semakin memeriahkan suasana di sana.

Untuk melihat festival ini, kamu nggak perlu datang langsung ke Tiongkok. Hampir di tiap area pecinan di seluruh dunia menyelenggarakan festival tersebut.

  1. Perayaan Diwali di India

Perayaan Diwali. (dogonews.com)

Diwali merupakan perayaan umat Hindu di India yang menandai kemenangan kebaikan atas kejahatan. Pada perayaan ini akan ada cahaya Diyas (lampu bumi) dan Pooja (ritual pemujaan) untuk mengundang kebaikan, kekayaan, dan kesehatan, dalam kehidupan.

Ketika malam tiba, kamu akan melihat gemerlapnya lampion Diwali yang menghiasi jendela setiap rumah. Petasan juga akan dinyalakan untuk memeriahkan suasana. Jika kamu tertarik untuk melihat perayaan ini, kamu bisa datang ke Kota Jaipur di Rajasthan.

  1. Seoul Lantern Festival di Korea Selatan

Seoul Lantern Festival. (blog.trazy.com)

Selain terkenal akan K-Popnya, Korea Selatan juga memiliki festival menarik yang diadakan tiap Jumat pertama hingga Minggu ketiga November. Festival ini biasa disebut Seoul Lantern Festival karena lokasi perayaannya berada di ibukota Seoul, tepatnya di distrik  Cheonggyecheon.

Pada festival ini, lampion-lampion berukuran raksasa kreasi seniman lokal akan digantungkan di tepi jalan distrik itu. Pengunjung juga bisa ikut menuliskan harapan di lampion kertas yang akan diterbangkan ke angkasa, lo. Seru banget, ya!

  1. Festival Loy Krathong di Thailand

 

Festival Cahaya di Thailand. (livingnomads.com)

Loy Krathong atau Festival Cahaya di Thailand ini punya dua prosesi yang wajib dilakukan. Pertama, upacara sesaji di danau atau sungai. Kedua, melepas lampion.

Pelepasan krathong atau lampion ke sungai merupakan simbol pembersihan diri dari segala hal buruk dan berharap kebaikan serta keberuntungan di masa depan. Untuk melihat festival ini, kamu bisa datang ke pusat keramaian yang berada di dermaga Phra Athit tepi Sungai Chao Praya, Kota Bangkok.

  1. Festival Lampion Nagasaki di Jepang

 

Festival Nagasaki. (kid101.com)

Pada mulanya, Festival Lampion Nagasaki ini merupakan perayaan Tahun Baru Tiongkok. Namun pada 1990-an perayaan tersebut diubah menjadi Festival Nagasaki. Festival itu digelar selama 15 hari pertama setelah pergantian tahun baru. Pusat perayaan tersebut berada di area Pecinan Kota Nagasaki.

Dalam festival tersebut, kamu akan menjumpai 15 ribu lampion kertas dengan warna yang beraneka ragam. Nggak hanya itu, warga juga dapat menikmati kembang api, kesenian barongsai, upacara tradisional, dan berbagai seni akrobat asal Negeri Tirai Bambu.

Nah, itulah festival lampion yang ada di Asia. Unik dan seru ya? Kalau kamu suka festival yang mana nih, Millens? (IB13/E03)