Masih Dijaga hingga Kini, 5 Pusaka Sunan Kalijaga yang Dikenal Sakti

Masih Dijaga hingga Kini, 5 Pusaka Sunan Kalijaga yang Dikenal Sakti
Sunan Kalijaga dikenal cerdik dalam berdakwah. (Seribu Catatan)

Berbagai peninggalan Sunan Kalijaga menjadi saksi dirinya saat berdakwah menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa. Hingga kini pusaka-pusaka yang dikenal sakti ini masih terjaga.

Inibaru.id – Walisongo merupakan ulama yang nggak bisa dipisahkan dari penyebaran agama Islam di Nusantara khususnya di Jawa. Walisongo atau juga sebutan untuk wali yang berjumlah sembilan ini mempunyai ciri khas masing-masing dalam menyampaikan dakwahnya.

Salah satu yang populer adalah Sunan Kalijaga yang dikenal cerdik dalam berdakwah. Dia memakai wayang kulit dan kesenian lain untuk menarik umat yang saat itu memeluk agama Hindu dan Buddha. Selain itu, Sunan Kalijaga juga dikenal memiliki karomah dan ilmu batin yang tinggi, sehingga banyak peninggalannya yang dianggap sakti. Apa saja?

1. Keris Kiai Carubuk

Ilustrasi keris. (Intisari Online)
Ilustrasi keris. (Intisari Online)

Kala itu, Sunan Kalijaga melakukan pendekatan ke masyarakat dengan menggunakan keris yang dinamai Kiai Carubuk. Keris ini dibuat oleh Mpu Supa Mandragi dari sebiji besi sebesar biji asam. Dengan keris ini, Sunan Kalijaga berhasil mengalahkan kesaktian keris Setan Kober milik Arya Panangsang saat terjadi pemberontakan di Mataram. Saat ini keris tersebut dijaga oleh keturunan Sunan Kalijaga di Demak.

2. Batu Bobot

Batu Bobot. (Dream)
Batu Bobot. (Dream)

Batu Bobot merupakan landasan Mpu Supa menempa keris Kiai Carubuk milik Sunan Kalijaga. Terletak di Grobogan, Jawa Tengah. Batu Bobot punya bobot yang begitu berat hingga ditinggalkan oleh pemiliknya. Konon, siapapun yang dapat mengangkat Batu Bobot dalam kondisi duduk, maka keinginannya dapat terkabul.

3. Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen. (Blog Daerah Kita)
Api Abadi Mrapen. (Blog Daerah Kita)

Terletak nggak jauh dari lokasi Batu Bobot, Api Abadi Mrapen ini sangat populer hingga menjadi api yang digunakan untuk pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara. Menurut cerita, api yang nggak padam terkena hujan maupun angin ini muncul saat Sunan Kalijaga menancapkan tongkat untuk mencari mata asir. Bukannya keluar air, yang muncul adalah api yang hingga kini nggak pernah padam tersebut.

4. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda. (Boombastis)
Sumur Jalatunda. (Boombastis)

Nggak jauh dari makam Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak, terdapat sebuah sumber air yang dikenal sebagai Sumur Jalatunda. Sumur yang disebut sebagai Zamzam Demak ini merupakan bekas Sunan Kalijaga meninggalkan jala ketika mencari sumber air untuk wudu para wali. Air dari sumur ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit lo!

5. Rompi Ontokusumo

Ilustrasi rompi ontokusumo. (Raja Paranormal)
Ilustrasi rompi ontokusumo. (Raja Paranormal)

Konon, rompi ini dipakai Sunan Kalijaga untuk mengalahkan Nyi Roro Kidul. Sang Sunan mendapatkan rompi ini setelah mengkhatamkan Al-quran di Masjid Demak bersama para wali yang lain. Rompi ini terbuat dari kulit kambing dan kemudian dirajah oleh Sunan Bonang menjadi pakaian. Hingga kini pusaka satu ini masih tersimpan di Kadilangu Demak dan dilakukan jamasan tiap Iduladha tiba bersama Kiai Carubuk.

Nah itulah beberapa pusaka peninggalan Sunan Kalijaga yang dipercaya punya berbagai kekuatan sakti. Kamu pernah lihat yang mana, Millens? (Boo/IB27/E05)