Warna-warni dan Kemilau Semarang dalam SNC 2018

Menunjukkan betapa beragamnya Kota Lunpia, "Kemilau Semarang" menjadi tema dalam pergelaran Semarang Night Carnival (SNC) tahun ini. Seperti apa keseruannya?

Warna-warni dan Kemilau Semarang dalam SNC 2018
Kemilau Semarang dalam kemeriahan SNC 2018. (inibaru.id/Hayyina Hilal)

Inibaru.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang kembali menggelar Semarang Night Carnival (SNC) pada Sabtu (5/5/2018) malam. Disaksikan ribuan warga Semarang dan sekitarnya, karnaval bertolak dari Balaikota Semarang di Jalan Pemuda No 148. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-471 Kota Semarang.

SNC 2018 mengangkat tema “Kemilau Semarang”. Dari tema tersebut, kemudian dijabarkan subtema yaitu Masquerade Gold (Batik Semarangan), Masquerade Silver (Art Deco), Masquerade Red (Kampung Pelangi), dan Masquerade Blue (Pantai).

Hendrar Prihadi beserta jajaran pejabat lainnya melakukan aksi simbolik untuk meresmikan dimulainya acara SNC 2018. (inibaru.id/Hayyina Hilal)

SNC 2018 merupakan event berskala nasional yang digelar di Kota Semarang setiap tahun. Namun, Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, tahun ini gelaran SNC ke-8 nggak hanya diikuti peserta dari Semarang, tapi juga dari luar Kota Lunpia.

"Bahkan," tutur Hendi, panggilan akrab Hendrar Prihadi, "ada juga peserta dari beberapa negara tetangga seperti Korea Selatan dan Taiwan."

Hendi menuturkan, nggak menutup kemungkinan pada tahun mendatang bakal lebih banyak negara tetangga yang ikut berpartisipasi.

Kostum salah satu peserta SNC yang mengangkat tema Maquerade Blue (Pantai). (inibaru.id/Hayyina Hilal)

 Adapun sejumlah peserta dari luar Semarang yang turut serta memeriahkan perhelatan bergengsi di Kota ATLAS itu di antaranya dari Kabupaten Keerom (Papua), Kota Manado (Sulawesi Utara), Pemalang, Jepara, Grobogan, Salatiga (Jawa Tengah).

"Ada juga dua komunitas dari luar kota, yaitu Salatiga Iconic Costume dan Komunitas Pencinta Carnival," tutur dia.

Politikus PDIP tersebut mengungkapkan, para peserta yang berpartisipasi dalam SNC kali ini berjumlah lebih dari 800 orang. Hm, meriah! Kemerihan acara juga semakin semarak dengan adanya atraksi wisata unggulan yang berlangsung di tengah karnaval.

"Turut hadir di tengah perhelatan ini para pejabat dari Kementrian Pariwisata dan Depdagri, 10 duta besar, serta sejumlah bupati dan walikota di Indonesia," paparnya.

Salah satu aksi dari perwakilan Korea Selatan dalam memeriahkan SNC 2018. (inibaru.id/Hayyina Hilal)

Berbeda dari penyelenggaraan SNC tahun sebelumnya, tahun ini karnaval mengambil rute baru, yakni dari Balaikota Semarang mereka menyusuri Jalan Pemuda ke selatan menuju Tugu Muda. Dari sana, para peserta berbelok ke arah Jalan Imam Bonjol, lanjut ke Jalan Pierre Tendean, kemudian kembali ke Jalan Pemuda, hingga finish di Balaikota Semarang. (Hayyina Hilal/E03)