Dari Tay Kak Sie, Cheng Ho Diarak ke Sam Poo Kong

Dari Tay Kak Sie, Cheng Ho Diarak ke Sam Poo Kong
Pertunjukan barongsai dalam Festival Cheng Ho 2018. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Memulai arak-arakan patung sang laksamana dari Kelenteng Tay Kak Sie, pawai Festival Cheng Ho 2018 berakhir di Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang. Ratusan pengunjung tampak memadati kelenteng yang berada di daerah Simongan tersebut.

Inibaru.id – Ratusan warga memenuhi pelataran Kelenteng Sam Poo Kong sejak pukul 07.00 pada Minggu (12/8/2018). Mereka menanti kedatangan rombongan arak-arakan patung Laksamana Cheng Ho yang bertolak dari Kelenteng Tay Kak Sie.

Salah satu tarian pembuka dalam Festival Cheng Ho 2018. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Tay Kak Sie, yang merupakan kelenteng terbesar di Kota Lunpia, berada di Kawasan Pecinan, Mlatiharjo, Semarang Timur. Dari sana, para peserta arak-arakan berangkat sekitar pukul 06.00 WIB, melintasi jalan utama Kota Semarang, hingga tiba di Sam Poo Kong berlokasi di Jalan Simongan, Bongsari, Semarang Barat. Mereka tiba sekitar pukul 08.00.

Rombongan peserta yang berdandan bak dewa-dewi. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Selain mengarak patung, para peserta juga melakukan sejumlah pertunjukan, di antaranya tari barongsai. Beberapa orang juga tampak berdandan bak dewa-dewi agar lebih "alami". Mereka berjalan diiringi musik dan nyanyian yang energetik. 

Napak Tilas

Arak-arakan itu merupakan satu dari rangkaian Festival Cheng Ho 2018. Festival yang digelar mulai Kamis (9/8/2018) itu diadakan untuk memperingati Hari Kedatangan Laksamana Cheng Ho ke Semarang. Tahun ini tepat 613 tahun Cheng Ho menginjakkan kaki di Kota ATLAS.

Peserta yang membawa patung dalam arak-arakan. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Peserta arak-arakan nggak hanya berasal dari Kota Semarang saja, Millens. Ada juga rombongan peserta yang datang dari daerah lain seperti Jakarta dan Tangerang Selatan.

Anggota TNI ikut menjadi peserta arak-arakan. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Selain dari pelbagai daerah, peserta arak-arakan juga merupakan kolaborasi dari berbagai etnis. Mereka membaur membentuk barisan yang berjalan searah menuju Sam Poo Kong.

Keramaian pengunjung Festival Cheng Ho. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Festival Cheng Ho 2018 akan digelar hingga Minggu, 19 Agustus mendatang. Selain pergelaran seni budaya, beragam stan kuliner juga bakal turut memeriahkan festival tahunan itu.

Nah, Sobat Millens yang belum sempat melihat arak-arakan, masih ada kesempatan tuh untuk datang ke rangkaian acara lainnya, nih. Yuk lah, tunggu apa lagi? (Mayang Istnaini/E03)