Lemah Lembut dan Anggunnya Dewi Sumbadra, Ibu dari Abimanyu

Gambaran cantik dalam dunia wayang, yakni lemah lembut dan anggun, ada pada Dewi Sumbadra, istri keempat Raden Arjuna. Sayang, kisah hidupnya nggak seindah wajahnya. Bagaimana kisah hidup tokoh ini?

Lemah Lembut dan Anggunnya Dewi Sumbadra, Ibu dari Abimanyu
Dewi Sumbadra. (Instagram/mustfree)

Inibaru.id – Selain Dewi Srikandi, Raden Arjuna memiliki beberapa istri lain, salah satunya adalah Dewi Wara Subadra (Sembadra atau Sumbadra dalam bahasa Jawa). Dewi yang juga dikenal dengan nama “Rara Ireng” ini merupakan putri dari Rohini dan Prabu Basudewa, penguasa Kerajaan Surasena.

Nama “Rara Ireng” diperolehnya sewaktu kecil karena kulitnya yang hitam. Namun, saat dewasa, Dewi Sumbadra memiliki paras yang elok. Selain wajah yang cantik, dia juga memiliki tingkah laku yang sopan, tutur kata yang halus, dan budi pekerti yang luhur. Nggak heran jika sosoknya kemudian dicerminkan sebagai priyayi perempuan Jawa.

Sebagai istri, Dewi Sumbadra setia pada suaminya. Dia bertemu Arjuna ketika Pandawa berkunjung ke Dwaraka, kediaman Kresna, kakak dari Sumbadra. Melihat mereka jatuh cinta, Kresna pun menyarankan Arjuna menikahi Sumbadra.

Dari pernikahan itu, lahirlah Raden Angkawijaya (Abimanyu). Putranya nggak berumur panjang karena tewas dalam peperangan di Kurukshetra. Peristiwa ini membuat Sumbrada tenggelam dalam kesedihan yang mendalam.

Titisan Dewa

Dewi Sumbadra konon merupakan titisan Bathara Sri Widowati, istri Bathara Wisnu. Pada akhir riwayatnya, dia mati tertusuk keris Burisrawa.

Rara Ireng atau Sumbadra. (Ceritawayang.blogspot)

Burisrawa yang jatuh cinta padanya menghadangnya di jalan pada malam hari. Namun, karena nggak menyukai Buriswara, Sumbadra mengabaikannya. Buriswara yang sakit hati kemudian mengeluarkan keris untuk menakut-nakutinya.

Tanpa disangka, Sumbadra menghampirinya dan menancapkan keris itu ke hatinya. Dia mati dan mayatnya dilarungkan Buriswara ke laut atas saran Prabu Kresna.

Menyedihkan ya? Meski berakhir tragis, karakter Sumbadra yang mampu menjaga sikap patut ditiru. Di mana pun tempatnya, orang akan selalu menaruh rasa hormat jika kamu sopan.

Nggak heran Sumbadra kemudian menjadi salah satu dewi yang dipuja masyarakat Hindu di Kuil Jagannath, India. Kisah yang menarik! (IB15/E03)