Lakukan 5 Hal Ini agar Tetap Aman Jalani Ramadan di Tengah Pandemi Corona

Lakukan 5 Hal Ini agar Tetap Aman Jalani Ramadan di Tengah Pandemi Corona
Ramadan di tengah pandemi corona dipastikan bakal beda. (Insider)

Ramadan kali ini memang bakal berbeda karena kita berada di tengah pandemi corona. Nah, gimana ya cara menjalani bulan puasa agar tetap aman dan lancar?

Inibaru.id – Hari demi hari berjalan, ketakutan akan virus corona nggak juga berkurang. Bahkan, menjelang Ramadan, masa pandemi diperkirakan belum akan mereda. Bagi umat Islam, ini tentu menimbulkan ketakutan.

Seperti kita ketahui, Ramadan menjadi "bulan berburu kebaikan" bagi umat Muslim. Nggak hanya berpuasa, bulan suci tersebut juga menjadi waktu yang tepat untuk banyak-banyak beramal. Maka, bisa dipastikan masa paceklik ini bakal membuat Ramadan agak berbeda.   

Eits, tapi jangan khawatir! Kendati virus corona masih mengancam, kamu tetap bisa menjalani Ramadan dengan aman. Beberapa tips mungkin bisa kamu terapkan agar Bulan Seribu Bulan bisa kamu jalani dengan aman.

Ngabuburit via E-commerce

Ngabuburit via daring. (Avrist) 
Ngabuburit via daring. (Avrist) 

Menyambut Ramadan, kamu perlu mempersiapkan kebutuhan sehari-hari. Jika sebelumnya kamu bisa shopping sambil ngabuburit di mal, kamu nggak bisa melakukannya sekarang. Solusinya, cobalah window shopping via e-commerce

Selain aman, platform belanja daring juga belakangan kerap kasih diskon dan voucher, lo! Kalau memang ada yang menarik, langsung sikat saja! Ha-ha.

Waktu yang Tepat Atur Keuangan

Hitung-hitung pengeluaran, ya! (Freepik)
Hitung-hitung pengeluaran, ya! (Freepik)

Bagi sebagian orang, pandemi corona juga menjadi masa paceklik. Pendapatan mungkin bakal agak mampet, sehingga neraca keuangan ndlosor.

Nah, inilah saatnya mengatur anggaran keuangan dan menentukan skala prioritas! Belilah yang kamu butuhkan dan nggak boleh panic buying, ya!

Jangan Lupa Jaga Kebersihan

Sering-seringlah membersihkan rumah! (Cleanmyspace)
Sering-seringlah membersihkan rumah! (Cleanmyspace)

Bersih adalah sebagian dari iman. Setali tiga uang, kebersihan juga baik untuk menjagamu dari terjangkit virus corona. Maka, ada baiknya kamu sering-sering membersihkan rumah.

Oya, terus, saat bepergian, jangan lupa selalu menggunakan masker, menjaga jarak, hingari kerumunan, dan cuci tangan menggunakan air dan sabun sesering mungkin!

Cukupi Asupan Gizi saat Sahur dan Buka

Makan makanan yang bergizi ya! (Health.harvard)
Makan makanan yang bergizi ya! (Health.harvard)

Selama berpuasa tubuhmu membutuhkan nutrisi agar terhindar dari kelelahan dan penyakit. Nah, dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta vitamin tubuh akan lebih kuat saat berpuasa seharian. Selain itu, makanan bergizi juga ampuh menghindarkan diri dari si coro, lo! 

Kamu bisa menyiapkan buah dan sayur favoritmu, lalu kreasikan pada menu sahur dan berbuka. Mumpung WFH, kamu juga jadi punya lebih banyak waktu untuk coba-coba, bukan?

Terakhir, Jangan Lupakan Minuman Hebal!

Minuman herbal baik untukmu. (Parentstory)
Minuman herbal baik untukmu. (Parentstory)

Minuman herbal "empon-empon" belakangan viral lantaran dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk menjaga imunitas tubuh. Hm, kamu juga perlu mencobanya sebelum dan setelah menjalani puasa.

Saat sahur atau menjelang berbuka, kamu bisa merebus kunyit, temulawak, jahe dan kencur, lalu dijadikan minuman. Tambahkan sedikit gula batu juga boleh. Segar!

Gimana, siapa yang sudah nggak sabar menyambut Ramadan? (MG31/E03)