Kirab Kebo Bule Jadi Ritual Rutin Keraton Surakarta Jelang Malam Satu Sura

Kirab Kebo Bule Jadi Ritual Rutin Keraton Surakarta Jelang Malam Satu Sura
Kirab Kebo Bule. (Twitter)

Bukan manusia, tapi kerbau yang dikirab di Surakarta. Kerbau bukan sembarang kerbau, lantaran harus keturunan Kiai Slamet. Hm, seberapa unik ya?

Inibaru.id – Menjelang Malam 1 Sura, beberapa wilayah di Jawa Tengah biasanya bakal menggelar ritual tertentu. Salah satu wilayah yang menggelar ritual unik adalah Kota Solo.

Untuk menyambut Malam 1 Sura, Kota Solo biasanya menggelar Kirab Kebo Bule di Keraton Kasunan Surakarta. Hm, kamu yang tinggal di Solo pasti sudah hapal dengan tradisi ini.

Para abdi dalem biasanya menggelar kirab ini pada tengah malam. Tujuan diselenggarakannya kirab kebo bule adalah untuk memohon berkah serta keselamatan pada Yang Maha Kuasa. Selain menjadi penanda datangnya tahun baru Jawa, kirab ini juga dilakukan untuk menyambut tahun baru Islam.

O ya, kerbau yang digunakan dalam ritual ini bukan sembarang kerbau ya, Millens. Kerbau ini merupakan kerbau keturunan Kiai Slamet.

Prosesi kirab. (Wikimedia)

Saking sakralnya, kirab baru bisa dilakukan jika si kerbau atas kehendaknya sendiri keluar dari kendang. Para abdi dalem pun memperlakukannya penuh hormat ibarat keturunan raja dengan melakukan sungkem.

Setelah sungkem dilakukan, para abdi dalem lantas mengalungkan untaian bunga melati dan mawar pada leher sang kerbau. Kerbau kemudian berjalan diikuti para abdi dalem yang membawa sejumlah pusaka keraton.

Orang-orang yang sudah menunggu kedatangan hewan ini lalu berusaha menjamahnya demi mendapatkan keberkahan hdup.

Ketika sang kerbau membuang kotorannya, mereka bahkan berebut untuk mendapatkannya. Hm, memang aneh, tapi begitulah yang terjadi selama prosesi ini.

Penasaran melihat jalannya kirab kebo bule? Kamu harus ke Solo ya menjelang malam 1 Sura nanti. Menyaksikan tradisi unik ini mungkin bakal bikin wawasanmu kian terbuka akan kekayaan budaya Jawa dan Islam. Yuk, ke Solo! (IB15/E03)