Kesenian Krangkeng Ajarkan Kanuragan Diiringi Musik yang Menyenangkan

Kesenian Krangkeng Ajarkan Kanuragan Diiringi Musik yang Menyenangkan
Kanuragan yang dipadukan dengan tetabuhan jadilah Krangkeng. (Desaku Pemalang)

Sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram, Krangkeng merupakan kesenian yang memadukan bela diri dan tari. Kesenian dari Pemalang ini nggak sekadar melatih ketangkasan, tapi juga bikin badan lebih kuat, lo!

Inibaru.id – Membicarakan kesenian bela diri dan musik dari Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, sebagian orang mungkin langsung teringat Kuntulan. Padahal, di kabupaten ini, terdapat kesenian lain yang juga digunakan untuk melatih fisik yakni Krangkeng. Yap, Krangkeng adalah kesenian yang lahir sejak zaman Kerajaan Mataram.

Tiga abad yang lalu, Pemalang menjadi salah satu wilayah yang berkontribusi mengirim prajurit untuk Kerajaan Mataram. Nah, selama latihan kanuragan dan olah keprajuritan, para prajurit berlatih diiringi tetabuhan.

Seiring berjalannya waktu, para prajurit memasukkan latihan-latihan lain seperti keterampilan akrobatik dan kekebalan tubuh. Perpaduan ini menghasilkan kesenian yang kelak dinamai krangkeng. Kalau kamu suka bela diri, nggak ada salahnya lo mempelajari kesenian tersebut.

Selain melatih ketangkasan, kesenian ini bisa menjadi olahraga kecil bagi tubuhmu. Eh, adakah kesenian di daerahmu yang terlahir dari ketidaksengajaan seperti krangkeng? Kalau ada, lestarikan bersama-sama supaya nggak punah, yuk! (IB15/E03)