Kabbadi, Gobak Sodor dari India

Mirip gobak sodor, permainan ini menjadi salah satu cabang lomba dalam ajang Asian Games 2018.

Kabbadi, Gobak Sodor dari India
Permainan Kabbadi. (dhakatribune.com)

Inibaru.id – Sobat Millens pernah dengar permainan kabbadi? Olahraga yang populer di Asia Selatan itu berasal dari India. Di sana bahkan kabbadi dilombakan pada liga-liga resmi lo.

Nama kabbadi berasal dari bahasa Tamil “kaipidi” yang berarti “memegang tangan”. Yap, permainan kelompok itu mirip seperti bentengan atau gobak sodor di Indonesia.

Dalam kabbadi sebuah tim harus mencetak poin lebih banyak dari tim lawan selama waktu yang telah ditentukan. Ada dua bagian dalam kabbadi yakni menyerang dan bertahan.

Pemain saling menyerang dalam kabbadi. (dictio.id)

Intisari.grid.id menulis (23/4/2018), dalam posisi menyerang sebuah tim harus menyentuh salah seorang anggota tim lawan untuk mencetak poin. Sedangkan dalam posisi bertahan, sebuah tim harus menangkap tim lawan atau minimal mencegah mereka agar nggak bisa kembali ke daerah bertahannya.

Aturan Unik

Saat menyerang tim lawan, pemain kabbadi akan meneriakkan kata “kabbadi” berulang-ulang hingga lawan menyerah. Kebayang kan bagaimana keseruannya?

Oya, kabbadi dimainkan oleh 12 orang dalam satu tim. Tapi hanya 7 pemain yang boleh memainkan kabbadi salam satu waktu.

Kabbadi sudah dilombakan dalam laga internasional. (indianexpress.com)

Nggak ada peralatan khusus dalam kabbadi. Semua murni mengandalkan kekuatan dan kekompakan tim saja.

Fyi, kabbadi menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dilombakan di Asian Games 2018 lo. Bagaimana Sobat Millens? Tertarik untuk menyaksikan permainan itu? (IB10/E05)