Inilah Ritual Kecantikan Tradisional Khas Wanita Indonesia

Inilah Ritual Kecantikan Tradisional Khas Wanita Indonesia
Rempah-rempah sebagai ramuan kecantikan wanita Indonesia. (kawaiibeautyjapan.com)

Tradisi-tradisi di bawah ini merupakan rahasia kecantikan para putri keraton. Penasaran?

Inibaru.id – Kamu pengin punya kulit cantik seperti para putri keraton? Kamu bisa dapatkan kesehatan dan kecantikan secara alami dari pelbagai ritual tradisional. Apa saja sih?

Ratus

Ratus. (balispa.net)

Ratus merupakan metode penguapan tubuh seperti sauna. Dengan menggunakan campuran herbal yang terdiri dari kemenyan, cendana, kenanga, dan klabet yang dikeringkan dan direbus, kamu bisa memanfaatkan uapnya untuk mengasapi bagian tubuh hingga rambut. Ritual ratus ini bisa digunakan sebagai perawatan organ kewanitaan yang bekerja menghilangkan keputihan dan mengharumkan sampai ke dlam. Selain itu, Ratus juga dapat memperlancar aliran darah dan membuka pori-pori yang tersumbat pada wajah.

Boreh

Boreh. (buletindewata.com)

Tradisi kecantikan yang berasal dari Bali ini mirip dengan parem Jawa. Ramuannya terdiri dari serai, cendana, cengkeh, pala, lengkuas, beras hitam, dan minyak kelapa. Setelah ramuan ditumbuk, boreh dibalurkan ke seluruh tubuh dan tunggu hingga kering. Barulah dibersihkan dengan kain basah bersih hingga bersih. Ritual ini berguna menghilangkan masuk angin, memperlancar peredaran darah, menghilangkan pegal-pegal, mengangkat kotoran yang menyumbat pori, hingga mencerahkan rona wajah.

Batimung

Batimung. (marimembaca.com)

Sauna asal Banjar, Kalimantan Selatan ini menggunakan ramuan bedak dingin dari campuran ketan hitam. Caranya, lumuri seluruh tubuh dengan ramuan, kemudian bungkus kain tebal. Selanjutnya lakukan proses penguapan. Ramuan penguapannya terdiri dari minyak serai, akar wangi, daun jeruk purut, temu giring, kenanga, pandan, dan melati. Manfaatnya sama dengan Ratus, penguapan Batimung bisa mengharumkan tubuh dari dalam.

Lulur

Lulur. (hipwee.com)

Lulur adalah salah satu ritual kecantikan yang masih hits hingga sekarang. Lulur menjadi perawatan tubuh favorit para wanita. Ramuannya terdiri dari kunyit, sekal klabet, dan temu giring. Ramuan yang telah dihaluskan dibalurkan ke seluruh tubuh dan diamkan hingga kering, kemudian basuh dengan air hangat. Lulur bisa membuat kulit menjadi cerah dan mengecilkan pori-pori.

Jamu

Jamu. (Tasya Simatupang /Beritagar.id)

Jamu merupakan ritual kecantikan tradisional khas putri keraton Jawa. Ritual ini merupakan perawatan kecantikan dari dalam tubuh karena berupa minuman yang dikonsumsi. Jamu ini biasa disajikan usai terapi yang terdiri dari cengkih, santan, dan gula batu. Ada pun ramuan jamu lain seperti beras kencur, kunyit asam, sirih, dan masih banyak lagi. Minuman ini memiliki berbagai khasiat di antaranya mencerahkan kulit wajah, melangsingkan tubuh, menghilangkan jerawat, dan menunda penuaan kulit wajah.

Tapel

Tapel (orami.co.id)

Ritual yang satu ini khusus untuk perempuan yang baru melahirkan. Manfaatnya untuk membuat perut menjadi normal kembali pasca hamil dan melahirkan. Yukepo.com, Rabu (27 Desember 2017), menulis, Tapel dibuat dari ramuan tepung beras, kencur, adas, pulosari bangle, klobot, jahe, dan kayu manis. Caranya, setelah dihaluskan, ramuan dibalurkan ke sekitar perut, tutup dengan daun sirih dan dibebat kain. Hasilnya bisa dilihat setelah 40 hari.

Na,h itulah ritual kecantikan tradisional yang bisa bikin kamu cantik dan sehat alami. Gimana? Tertarik mencoba? (IB07/E05)