Gelar Festival Ya'ahowu Nias 2018, Ini Dia Tiga Tradisi Unik yang Bisa Kamu Saksikan!

Dikenal sebagai salah satu surga selancar di dunia, Pulau Nias memiliki beragam budaya unik. Kamu bisa menyaksikan beragam budaya unik tersebut dalam Festival Ya'ahowu Nias pada November mendatang.

Gelar Festival Ya
Tradisi lompat batu khas Nias (kompas.com)

Inibaru.id – Ada agenda unik lo pada 16-20 November 2018 nanti di Pulau Nias. Namanya Ya'ahowu Nias Festival. Diadakan di Nias Selatan, festival tersebut akan diisi 3 tradisi unik yang sayang kamu lewatkan.

Melansir dari kompas.com (27/5/2018), festival ini termasuk dalam 100 Calender of Event Wonderful Indonesia 2018 lo, Millens. Hmm, ada apa saja ya?

1. Lompat Batu 

Fahombo atau yang disebut dengan lompat batu dari Pulau Nias. (goodnewsfromindonesia.id)

Atraksi lompat batu khas Nias ini disebut juga sebagai "Fahombo" atau "Hombo Batu". Lompat batu lahir dan dilakukan sebagai sebuah tradisi untuk menandai kedewasaan seorang pria sebelum ikut berperang. Namun, sekarang tradisi ini menjadi semacam ceremony untuk menyambut wisatawan atau petinggi negara

Dihadiri setiap keluarga di Nias, rencananya budaya unik pelompatan batu kolosal itu didukung 100 pelompat batu yang akan masuk rekor Museum Rekor Indonesia. Wah, bakalan seru nih! 

2. Atraksi Tari Perang Spektakuler

Tari Perang dari Pulau Nias untuk menyambut tamu. (liputan6.com) 

Namanya tari perang Fataele Nias. Berasal dari Desa Bowanatallio, tarian bernuansa mistis yang unik itu akan dibawakan seribu penari. Tarian tersebut menceritakan kehidupan orang-orang Nias zaman dahulu yang sering berperang memperebutkan wilayah.

Saat memperagakannya, para penarinya memakai pakaian tradisi berwarna hitam dan kuning. Mereka juga menggunakan aksesori berbentuk penutup kepala, serta tanduk kerbau yang dipasang di hidung. Selain itu tiap penarinya juga dilengkapi tombak, tameng dan pedang bernama Tologu.

3. Ya'ahowu Nias Parade

Pawai Ya'ahowu Nias. (hmstimes.com)

Merupakan pawai budaya, Ya'ahowu Nias Parade akan berlangsung dari lapangan Merdeka ke taman Ya'ahowu. Sebagai pengisi acaranya adalah kontingen tiap-tiap kabupaten atau kota di Kepulauan Nias. Nantinya mereka akan menampilkan busana daerah dari setiap daerah, kendaraan hias, dan marching band. Terdengar seru dan meriah.

Masih banyak lagi lo yang bisa kamu saksikan di festival ini. Seperti pameran patung dan ukiran tradisional, pameran bangunan hingga kuliner, serta atraksi budaya lainnya. Wah! Segera tandai kalendermu deh, Millens! (IB05/E05)