Gara-Gara Ini, Orang Indonesia Sangat Suka dengan Makanan Pedas

Gara-Gara Ini, Orang Indonesia Sangat Suka dengan Makanan Pedas
Ilustrasi - Orang Indonesia suka makanan pedas atau sambal. (Flickr/ Vee Satayamas)

Ternyata, ada beberapa alasan khusus yang membuat orang Indonesia sangat suka dengan sambal dan makanan pedas. Kira-kira, apa ya alasannya?

Inibaru.id – Ada salah satu ciri dari orang Indonesia yang dikenal banyak orang, yakni sangat suka dengan sambal atau makanan pedas. Bahkan, ada yang sampai menambahkan sambal atau bubuk cabai pada makanan yang dasarnya nggak pedas. Sebenarnya, apa ya alasan utama mengapa orang Indonesia suka dengan makanan pedas?

Jadi gini, alasan utama mengapa kita suka sambal disebabkan oleh banyaknya rempah di Indonesia. Rempah-rempah ini membuat rasa masakan kita jadi kaya. Salah satu jenis rasa yang dianggap cocok adalah pedas. Untungnya, kita bisa dengan mudah mengolah cabai atau merica di sini sehingga makanan pedas pun nggak sulit untuk didapat.

Kita juga sejak kecil terbiasa dengan makanan pedas karena keluarga Indonesia sudah terbiasa memasaknya hampir setiap hari. Karena sudah dibiasakan sejak kecil, kita pun seperti ketagihan saat mengonsumsinya sehingga merasa setiap jenis masakan sebaiknya harus diberi sambal atau rasa pedas.

Apapun makanannya, sambal harus ada di makanan Indonesia. (Flickr/ Dion Hinchcliffe)
Apapun makanannya, sambal harus ada di makanan Indonesia. (Flickr/ Dion Hinchcliffe)

Selain itu, kecenderungan orang Indonesia makan nasi juga jadi penyebab kita suka dengan sambal. Meski nasi memang memiliki sedikit rasa manis, sebenarnya nasi juga hambar kalau nggak diberi tambahan lauk atau bumbu-bumbu lainnya. Dengan diberi sambal, maka nasi pun akan terasa lebih mantap.

Hal lain yang membuat orang Indonesia sangat suka dengan makanan pedas atau sambal adalah adanya manfaat kesehatan dari kebiasaan mengonsumsinya. Sebagai contoh, makanan pedas bisa membuat saluran pencernaan berfungsi dengan lebih baik. Bahkan, kamu bisa mengatasi sembelit. Selain itu, ada yang menyebut kebiasaan makan-makanan pedas bisa mengatasi rasa stres dan penat karena bisa memberikan kepuasan tersendiri.

Di Indonesia sendiri, ada ratusan jenis sambal yang berasal dari berbagai daerah. Tingkat kepedasan makanan di setiap wilayah juga bisa berbeda-beda. Meski dasarnya adalah rasa pedas, kenikmatan yang bisa dicicipi di setiap jenis sambal juga berbeda-beda. Hal ini seperti sayang untuk ditinggalkan begitu saja.

Jadi, sudah tahu kan alasan mengapa orang Indonesia sangat suka dengan makanan pedas. Kalau kamu, paling suka dengan sambal jenis apa, nih, Millens? (Hip/IB09/E05)