Gampang Banget, Bikin Papan Congklak Sendiri, yuk!
Papan congklak mini buatan sendiri, terdiri dari empat lubang kecil. (Duniabelajaranak)

Gampang Banget, Bikin Papan Congklak Sendiri, yuk!

Karena congklak semula adalah mainan anak priyayi, wajar kalau papan permainan yang sudah ada sejak abad ke-17 itu dibuat dengan bentuk yang mewah. Nah, selain membeli versi plastiknya yang jauh lebih murah, kamu juga bisa membuat congklak sendiri, lo!

Inibaru.id - Congklak atau dakon konon telah menjadi permainan favorit kaum priyayi Jawa sejak abad ke-17. Papan permainan itu dibuat dari kayu jati dengan ukiran yang mewah, sedangkan biji congklaknya menggunakan keong laut atau biji sawo.

Kian berkembang, congklak berbahan mulai plastik tercipta. Penggunanya pun lebih banyak, bahkan mungkin menjadi salah satu permainan paling dikenal pada masanya. Namun, lantaran nggak banyak lagi yang memainkan, nggak banyak lagi papan congklak yang dijual di pasaran.

Namun, bukan berarti kamu nggak bisa main congklak lo, Millens! Yap, karena kamu bisa bikin permainan itu sendiri. Kamu hanya perlu menyiapkan kardus, beberapa gelas plastik, double tape, dan cat. Jumlah gelas yang perlu kamu siapkan sekitar 12 buah, tergantung jumlah lubang congklak yang kamu inginkan.

Papan permainan congklak dari kayu. (Instagram)

Untuk membuatnya, pertama kamu harus memotong kardus menjadi persegi panjang menyerupai papan dakon, termasuk 12 lubang yang menjadi ciri khas congklak. Lalu, potong gelas hingga seperempat bagian. Setelah dipotong, gunakan bagian bawah gelas sebagai lubang kecil, sedangkan bagian atas sebagai lubang lumbung.

Tempelkan gelas plastik pada lubang papan kardus menggunakan double tape. Jangan lupa, susun gelas-gelas plastik seperti susunan lubang-lubang di papan congklak. Agar lebih menarik, warnai dan hias papan congklak dengan cat, sesuai dengan kreativitasmu.

Sementara, untuk biji congklak, kamu bisa memakai kacang tanah, kerikil, biji jagung kering, atau bahan lainnya yang paling mudah kamu temukan.

Papan congklak sudah, saatnya mencari teman untuk main bareng, karena congklak nggak bisa dimainkan sendiri! Lagian, masak sendiri terus, sesekali berdua dong! Ha-ha. (MG28/E03)