Pergantian Tahun, Inilah Enam Ritual yang Dilakukan Umat Hindu Saat Nyepi
Umat Hindu mengarak Ogoh-ogoh sebelum dibakar. (Baptiste Mallet)

Pergantian Tahun, Inilah Enam Ritual yang Dilakukan Umat Hindu Saat Nyepi

Melasti, Bhuta Yajna, Nyepi, Yoga, Ngembak Geni, dan Dharma Santi menjadi serangkaian ritual yang dilakukan umat Hindu sebelum, saat, dan sesudah Nyepi. Enam ritual ini memliki tujuan yang beragam, lo. Apa saja ya?

Inibaru.id – Umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941 pada Kamis (7/2/2019). Nah, dalam perayaan yang dirayakan dengan berdiam diri di rumah, tidak berkegiatan, dan menyalakan lampu itu ada enam ritual yang umumnya dilakukan umat Hindu.

Hm, apa saja, ya? Intip ritual-ritualnya, yuk!

Melasti

Melasti. (The Jakarta Post)

Tiga atau empat hari menjelang Nyepi, umat Hindu melakukan ritual Melasti. Ritual ini dilakukan di dekat laut atau danau untuk mendapatkan air suci. Nantinya, air itu akan dipercikkan pada para umat sebagai bentuk penyucian diri. Perangkat peribadatan pun disucikan dalam ritual ini.

Bhuta Yajna

Bhuta Yajna. (Fabulousubud)

Untuk menciptakan keseimbangan antara Tuhan, manusia, dan alam, umat Hindu juga melakukan ritual Bhuta Yajna. Dalam ritual ini, umat Hindu bersama-sama membuat ogoh-ogoh atau boneka raksasa.

Nantinya, ogoh-ogoh itu akan dibakar dalam prosesi puncak yang disebut Ngrupuk. Pembakaran ini dipercaya sebagai bentuk pemusnahan terhadap roh jahat.

Nyepi

https://img.jakpost.net/c/2019/03/04/2019_03_04_66897_1551715404._large.jpg

Umat Hindu melakukan ritual sebelum berdiam diri di rumah pada Hari Nyepi. (thejakartapost.com)

Mengasingkan diri dari dunia luar dan berpuasa selama 24 jam menjadi hal yang dilakukan saat melakukan ritual Nyepi. Selain nggak keluar rumah dan berpuasa, umat Hindu juga dilarang menyalakan cahaya apa pun.

Yoga (Barata)

http://serenityyogalembongan.com/wp-content/uploads/2015/01/yoga-at-dawn-lembongan.jpg

Yoga. (serenityyogalembongan.com)

Saat Nyepi, umat Hindu juga melakukan yoga atau bermeditasi pada pukul 6 pagi hingga pukul 6 pagi esoknya.

Ngembak Geni (Labuh Bratah)

http://www.nasionalisme.co/wp-content/uploads/2016/02/ciuman.jpg

Anak muda Hindu saling mencium. (thetravelerpost.wordpress.com)

Seperti muslim pada hari Idul Fitri, umat Hindu juga mengunjungi keluarga, kerabat, tetangga, dan teman usai melakukan ritual Nyepi dan Ngembak Geni. Di salah satu banjar (desa), pemudi-pemuda memeriahkan Ngembak Agni dengan melakukan Omed-omedan atau ritual mencium.

Dharma Santi

http://www.balipost.com/wp-content/uploads/2018/04/balipostcom_dharma-santi-nyepi-pemkab-ajak-perkuat-persatuan-dan-kesatuan-antarumat-beragama_01-696x464.jpg

Dharma Santi antar warga. (balipost.com)

Nah, inilah ritual terakhir perayaan Nyepi. Cinta dan persahabatan antar golongan menjadi hal yang direpresentasikan dalam ritual ini.

Dharma Santi juga merupakan pengharapan terhadap keharmonisan dan kesejahteraan negeri, lo. Kalau kamu sedang berada di Bali, nggak ada salahnya menonton ritual ini. Kabarnya, Presiden Joko Widodo bakal hadir dalam ritual tersebut, lo!

Wah, ternyata ritual sebelum dan sesudah Nyepi lumayan panjang ya. Bagi kamu yang merayakan Nyepi, semoga Sanghyang Widhi Wasa memberi kedamaian bagi kamu dan keluarga. (IB15/E03)