Empat Jenis Burung Perkutut yang Jadi ‘Jimat’ Lelaki Jawa, Tertarik?

Empat Jenis Burung Perkutut yang Jadi ‘Jimat’ Lelaki Jawa, Tertarik?
Perkutut apa yang dipercaya punya kekuatan gaib? (Google)

Bagi lelaki Jawa, burung peliharaan jadi salah satu yang melengkapi mereka. selain mendatangkan keberuntungan, burung perkutut juga dipercaya memiliki kekuatan gaib masing-masing.Berikut adalah empat jenis perkutut yang sering jadi incaran.

Inibaru.id – Bagi masyarakat Jawa, perkutut termasuk kasta kelangenan (kesukaan) karena suaranya yang khas. Selain itu, kukila (burung) juga dianggap sebagai kelengkapan lelaki Jawa sejati di samping wisma (rumah), garwo (istri), curigo (keris), dan turonggo (kuda).

Bernama latin Geopelia Striata, perkutut dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. bahkan beberapa jenis tertentu dipercaya memiliki kekuatan gaib yang dapat mempengaruhi pemiliknya.

Nah dari berbagai jenis perkutut, berikut adalah empat jenis perkutut dengan berbagai kekuatan gaibnya yang jadi ‘jimat’ favorit para lelaki Jawa.

Perkutut Songgo Ratu

Jambul di kepalanya bikin unik. (99.co)
Jambul di kepalanya bikin unik. (99.co)

Memiliki jambul berwarna putih bak mahkota, perkutut ini dijuluki songgo ratu. Jambulnya tentu mencolok di antara kaki, paruh, dan bulunya yang berwarna hitam. Kicauannya memang nggak terlalu panjang tapi punya lekukan.

Kabarnya songgo ratu mampu menolak santet dan bisa mendongkrak kewibawaan pemiliknya. Nggak heran jika perkutut jenis ini merupakan kasta tertinggi dalam jenis perkutut.

Perkutut Lurah

Biasanya dimiliki oleh orang berkedudukan tinggi. (Okdologi)
Biasanya dimiliki oleh orang berkedudukan tinggi. (Okdologi)

Sesuai dengan namanya, perkutut jenis ini dipelihara oleh orang-orang yang memiliki kedudukan. Perkutut lurah memiliki corak warna lurik, serta corak bulu di bagian dada yang lebih terang. Konon perkutut lurah dapat memancarkan aura wibawa pemiliknya!

Perkutut Hitam

Disebut juga kol buntet. (Omah kutut)
Disebut juga kol buntet. (Omah kutut)

Burung dengan warna bulu yang seluruhnya berwarna hitam ini juga sering disebut kol buntet oleh masyarakat Jawa. Perkutut hitam disebut-sebut rajanya perkutut dan sering dikaitkan dengan suatu yang berkaitan dengan hal gaib. Eits tapi perkutut hitam juga dipercaya membawa keberuntungan lo!

Perkutut Putih

Warnanya disebabkan oleh genetik. (Youtube)
Warnanya disebabkan oleh genetik. (Youtube)

Kondisi genetik menyebabkan perkutut yang seluruh bulu dan kulit berwarna putih ini nggak memiliki pigmen warna kulit (albino). Namun paruh dan bola matanya yang terang bikin perkutut jenis ini lucu maksimal. Meskipun langka karena kondisi genetiknya, perkutut putih juga jadi incaran karena memancarkan aura keberuntungan bagi pemiliknya, Lo!

Nah itulah beberapa jenis perkutut yang jadi faforit karena keunikan dan kekuatannya. Bagimu pencinta perkutut, mana nih yang jadi incaranmu selanjutnya? (KRJ/IB27/E05)