Eliza Van Zuylen, Salah Satu Sosok Penting dalam Perkembangan Batik di Pekalongan

Eliza Van Zuylen, Salah Satu Sosok Penting dalam Perkembangan Batik di Pekalongan
Batik Belanda bermotif Burung Merak dan Buketan. (Pinterest)

Karyanya dikagumi, kebaikannya pun setali tiga uang. Dialah Eliza van Zuylen, salah seorang maestro batik Indonesia yang merupakan peranakan Indo-Eropa.

Inibaru.id - Eliza van Zuylen, pencinta batik mana yang nggak mengenalnya? Bisa dikatakan, peranakan Indo-Eropa itu merupakan maestro batik di Indonesia, khususnya di Pekalongan.

Zuylen adalah warga keturunan Belanda yang hidup di Nusantara pada 1863-1947. Perempuan bernama asli Eliza Charlotta Niessen itu menetap di Pekalongan lantaran sang suami, Alphons Van Zuylen, adalah seorang Pejabat Penilik dari Belanda yang ditugaskan di Pekalongan pada saat itu.

Keberadaan Zuylen untuk perkembangan dunia batik di Pekalongan memang begitu kentara. Batik pekalongan menjadi lebih berkembang setelah Van Zuylen membangun workshop di Pekalongan. Dia juga dikenal mendorong masyarakat untuk membuat motif-motif yang baru.

Andil Zuylen untuk perkembangan batik di Pekalogan nggak berhenti pada pembuatan saja, tapi juga pemasaran. Melalui tangan pengusaha ini, batik Pekalongan mampu menembus pasar Eropa dengan pembeli para bangsawan Eropa.

Begitu berpengaruhnya Zuylen, bahkan konon buah karyanya masih dicari sampai saat ini. Motif yang dikembangkan Eliza Van Zuylen adalah Buketan Bunga, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Van Zuylen Bouquet.

Nah, itulah sekilas tentang Eliza van Zuylen! Kamu yang pengin tahu lebih detail tentang sosok inspiratif ini, silakan berkunjung ke Museum Batik Pekalongan. Selamat mencari tahu! (IB20/E03)