Dipakai Pengantin Perempuan Hingga Calon Mertua, Batik Truntum Gambarkan Kasih yang Abadi Sepanjang Masa

Dipakai Pengantin Perempuan Hingga Calon Mertua, Batik Truntum Gambarkan Kasih yang Abadi Sepanjang Masa
Motif bintang menjadi simbol cinta yang bersinar. (Medium)

Sido Asih dan Sido Mukti adalah batik-batik yang cukup sering digunakan dalam acara pernikahan. Namun, selain kedua batik itu, ada pula batik yang nggak kalah indah yaitu batik truntum. Kamu yang sedang bingung mau pake batik apa untuk pernikahanmu, mungkin bisa memilih batik kece ini.

Inibaru.id - Batik Truntum adalah salah satu motif batik yang biasa digunakan dalam pernikahan. Batik dengan corak bintang-bintang atau melati ini diciptakan oleh Ratu Kencana sebagai ungkapan cinta yang mendalam pada suaminya, Sultan Pakubuwana III. Hm, dari kisah ini, kamu bakal tahu mengapa batik ini disebut truntum.

"Truntum" diambil dari kata "tuntum". Dalam bahasa Jawa, tuntum berarti tumbuh kembali. Kata ini menggambarkan perasaan cinta Sultan Pakubuwana III yang tumbuh kembali pada istrinya setelah sempat berencana mengambil selir. Supaya pengantin dengan adat Jawa bisa mendapatkan pesan moral dari kisah ini, batik truntum biasanya digunakan calon istri pada acara Midodareni atau Panggih. Lewat batik truntum, sepasang pengantin diharapkan mampu saling mencintai sampai dipisahkan maut.

https://i.pinimg.com/originals/a7/68/e8/a768e88adfe62a7d9bfb84ef3f07da3c.jpg

Bunga menjadi motif batik truntum. (Pinterest)

Batik truntum nggak hanya digunakan pengantin perempuan, lo. Calon mertua pun biasanya menggunakan batik ini dengan tujuan lain. Selain mengandung pesan tentang cinta yang abadi, batik ini juga mengandung gambaran bahwa orang tua adalah contoh sekaligus penuntun bagi anak-anaknya. Hm, ini tentu saja dimaksudkan bahwa calon pengantin juga hendaknya belajar banyak hal dari pernikahan orang tuanya.

Batik truntum nggak sekadar indah, tapi juga mengandung nasihat-nasihat bijak kehidupan. Kamu sebaiknya nggak melupakan sang pembuat batik yang hidup dua abad lalu dengan meresapi nilai-nilai yang terkandung dalam batik truntum ya. Kamu yang berencana menikah sebaiknya pilih batik ini saja.

Dengan memilih menggunakan batik truntum, ini sama saja dengan kamu berkontribusi melestarikan kebudayaan Jawa. Yuk, coba bikin sendiri kostum pernikahan dengan batik truntummu. (IB06/E03)