Dikreasi Para Ibu Rumah Tangga, Batik Salem Jadi Representasi Kabupaten Brebes

Dari industri rumahan, batik-batik Salem mulai merambah ke pasar yang lebih luas. Nggak kurang dari 60 motif telah diproduksi. Namun, gimana sih sejarah batik tulis khas Brebes ini?

Dikreasi Para Ibu Rumah Tangga, Batik Salem Jadi Representasi Kabupaten Brebes
Pengrajin batik Salem khas Brebes. (Mahestri)

Inibaru.id – Jika Kabupaten Rembang memiliki Lasem sebagai ciri khas batiknya, Kabupaten Brebes memiliki Salem. Seperti Lasem, Salem juga adalah nama kecamatan tempat batik-batik itu dibuat. Salem yang bermakna “selamat” juga diwujudkan dengan motif khas berupa tangan yang berjabatan.

Dikreasi para perempuan di Desa Bentar, Bentarsari, dan Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, batik tulis Salem belakangan mulai dikenal masyarakat lantaran coraknya yang khas. Selain itu, hampir seluruh seniman batik tulis tersebut merupakan perempuan.

Pelbagai motif batik Salem. (Instagram/officialbatiksalem)

Kebanyakan pengrajin batik Salem adalah ibu rumah tangga. Usaha mereka juga kebanyakan belum dikelola secara industrial. Meski begitu, kualitasnya boleh diadu, Millens!

Atmo Tan Sidik, seorang pengamat kebudayaan di Brebes mengatakan, batik Salem kali pertama dibuat pada 1917. Konon, kala itu seorang putri pejabat dari Pekalongan mengunjungi Salem kemudian jatuh cinta pada seorang pemuda di sana.

Batik Salem. (Kompasiana)

Singkat cerita, keduanya menikah dan menetap di Desa Bentar. Sang putri kemudian mulai mengenalkan pada masyarakat Salem, khususnya perempuan.

Pada 2016 silam, Bekraf menaikkan pamor batik Salem pada Pameran Desain Produk Inovatif dan Kreatif Kolaborasi Nusantara (IKKON). Motif batik Salem pun dikembangkan.

Proses penjemuran batik Salem. (Bekraf)

Saat ini, motif batik tulis Salem yang dikembangkan sebagian besar masih merupakan representasi warga setempat. Ketua Koperasi Mitra Batik Salem, Warmin, menyebutkan, nggak kurang dari 60 jenis motif batik telah ada di pasaran, di antaranya Kopi Pecah, Manggar, dan Ungkel.

Wah, jadi batik nggak cuma di Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta ya! Ada batik Salem juga. Kalau kebetulan mampir ke Brebes, nggak ada salahnya beli batik tulisnya, lo, buat oleh-oleh! (IB20/E03)