Di Korea Selatan, Hari Kasih Sayang Dirayakan Selama 6 Bulan

Hari Kasih Sayang umumnya hanya dirayakan selama satu hari yakni setiap14 Februari. Namun, di Korea Selatan, Hari Valentine berlangsung selama 6 bulan, lo.

Di Korea Selatan, Hari Kasih Sayang Dirayakan Selama 6 Bulan
Setiap tanggal 14 selama 6 bulan adalah rangkaian perayaan Hari Kasih Sayang di Korea Selatan. (Duffelbagspouse)

Inibaru.id – Di Indonesia, sobat Millens mengenal 14 Februari sebagai Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. Di hari itu, para pasangan merayakannya dengan saling memberi cokelat dan hadiah Valentine lainnya. Namun, nggak demikian dengan di Korea Selatan.

Di Negeri Ginseng itu, momen Valentine dirayakan selama setengah tahun. Tepat di tanggal 14 setiap bulannya mulai awal tahun. Setaip perayaan juga punya nama masing-masing, lo. Berikut rangkaian perayaannya.

14 Januari - Diary Day

Buku harian didesain semenarik mungkin untuk ditukarkan. (Kawaiipenshop)

Rangkaian perayaan Valentine di Korea Selatan sudah dimulai sejak Januari. Setiap 14 Januari di Korea Selatan dikenal dengan sebutan Diary Day.

Pada hari itu para pasangan di sana akan saling bertukar buku harian yang berisi momen bersama selama setahun sebelumnya.

14 Februari - Valentine Day

Hasil gambar untuk coklat valentine

Cokelat hadiah Valentine. (Joy Digital)

Kalau di negara lain setiap pasangan akan saling bertukar kado atau cokelat saat Valentine, di Korea Selatan berbeda. Di sana pihak perempuanlah yang akan memberi cokelat pada pasangan atau orang terdekat.

14 Maret - White Day

Saat White Day, pihak pria balas memberi cokelat dan hadiah pada pasangannya. (Happyvalentineday-2019)

Pada hari yang disebut Hari Balas Perasaan atau White Day ini, pihak pria akan berganti memberi cokelat pada perempuan yang dikasihinya. Balasan itu juga bisa berarti sebuah ajakan kencan, lo.

14 April - Black Day

Perayaan Black Day di Korea Selatan. (Aminoapps)

Nah, waktunya para jomlo nih! Hari yang biasa disebut Black Day ini memang dikhususkan untuk para jomlo di Korea Selatan. Mereka akan merayakannya dengan cara mengenakan pakaian serba hitam, makan jajangmyeon atau mi hitam, dan menyeruput segelas kopi hitam. Waduh, serbahitam, ya!

14 Mei - Rose Day

Ilustrasi memberi mawar. (Hancinema)

Di awal, tradisi ini hanya sekadar strategi pemasaran, Millens. Namun, kebiasaan itu terus ada hingga sekarang. Pada hari yang disebut Rose Day ini muda mudi di Korea Selatan akan saling memberi bunga mawar. Bunga yang paling sering diberikan adalah mawar merah.

14 Juni - Kiss Day

\

Saat Kiss Day, pasangan di Korea Selatan akan pergi ke tempat-tempat yang dianggap romantis. (Instagram/ah.hyeon)

Di pengujung rangkaian perayaan Hari Kasih Sayang, para pasangan di Korea Selatan akan merayakannya dengan pergi ke tempat-tempat romantis. Mereka juga akan saling mencium tuh. Karena itu, 14 Juni dikenal dengan istilah Kiss Day.

Nah, itu tadi serangkaian perayaan Hari Kasih Sayang di Korea Selatan. Hm, lama juga ya.

Kendati begitu, mengekspresikan kasih sayang kepada orang terkasih nggak harus menunggu Hari Kasih Sayang, lo. Setiap hari juga bisa kok. Sekadar memberi perhatian dan menyempatkan waktu untuk mendengar keluh kesah setiap waktu cukup untuk menyatakan kasih, kan? (IB10/E04)