Makna Tersembunyi dalam Motif Batik

Tiap motif batik memiliki makna tersendiri. Ada yang menyimbolkan kasih sayang, dukacita, keluhuran, dan lain sebagainya.

Makna Tersembunyi dalam Motif Batik
Membatik. (uzone.id)

Inibaru.id - Kamu salah satu orang yang suka mengoleksi batik? Coba deh kamu lihat motif-motifnya. Jangan dikira itu asal coret ya. Semua motif batik ada maknanya. Nggak percaya? Coba yuk simak!

1. Motif Gurda

Motif gurda atau burung garuda yang melekat pada kain batik menjadi simbol pemimpin kehidupan dan kejantanan. Seperti ditulis batik.or.id (9/4/2017), orang Yogyakarta menganggap burung ini sebagai binatang yang suci.

 gurda 24d390040954a981f3f37501660365d2

Motif Gurda. (sumber.com)

2. Motif Merak Simpir

Batik merak simpir merupakan simbol kasih sayang antara sepasang kekasih. Motif ini merefleksikan kebiasaan merak pejantan yang melakukan tarian ritual untuk menarik merak betina.

Motif Merak Simpir. (idntimes.com)

3. Motif Parang Kusuma

Kusuma berarti bunga dalam bahasa Indonesia. Makna yang terkandung dalam motif ini adalah hidup yang harus berlandaskan perjuangan mencari keharuman lahir dan batin layaknya bunga.

Hasil gambar untuk motif parang kusumo

Motif Parang Kusuma. (fimela.com)

4.Motif Truntum

Melansir dari liputan6.com (14/02/2017), nama “truntum” berasal dari bahasa Jawa “taruntum” yang artinya tumbuh kembali atau bersemi kembali atau semarak kembali. Filosofi yang terkandung adalah harapan kesetiaan yang harmonis dan juga hubungan manusia dengan Tuhannya.

Hasil gambar untuk motif truntum

Motif Truntum. (pesona-craft.blogspot.com)

5. Motif Sidoluhur

Sesuai namanya, motif Sidoluhur memiliki filosofi keluhuran. Keluhuran dibagi menjadi keluhuran materi dan nonmateri. Contoh keluhuran materi berupa tercukupinya kebutuhan ragawi, Millens. Sementara keluhuran nonmateri bisa berupa keluhuran budi, ucapan, dan tindakan. Eits, motif ini juga berarti harapan untuk mencapai kedudukan yang tinggi.

Kain Batik Printing Solo | Grosir Baju Batik Laweyan

Motif Sidoluhur. (bajubatiksolo.net)

6. Motif Slobog

Berasal dari Solo, batik Slobog identik dengan upacara kematian karena sering dipakai untuk melayat. Makna di balik motif ini adalah harapan agar almarhum dapat menghadap Tuhan dengan mudah dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan. Oya, batik Slobog juga dipakai pada saat upacara pelantikan para pejabat pemerintahan sebagai harapan untuk kelancaran dan petunjuk untuk menjalankan amanah yang telah diberikan.

The final spritzer

Motif Slobog. (gohitz.com)

Cuma itu? Nggak dong. Masih banyak motif lainnya seperti megamendung, kawung, sidoasih, dan masih banyak lagi. Tapi dari semua motif yang ada di atas, kamu punya motif yang mana saja, Millens? (MG13/E05)