Brebes juga Jadi Produsen Batik di Jawa Tengah

Brebes juga Jadi Produsen Batik di Jawa Tengah
Ilustrasi membatik dengan canting dan malam. (anihaqqi.wordpress.com)

"Kota batik di Pekalongan, bukan Yogya bukan Solo," begitu penggalan lirik lagu band Slank. Eits, nggak cuma ketiga kota itu kok yang jadi sentra produksi batik.

Inibaru.id – Nggak cuma telur asin, Kabupaten Brebes juga punya produksi batik yang nggak kalah dengan sentra batik lainnya di Jawa Tengah.

Produksi batik di Brebes sudah dimulai sejak abad 19 Masehi, Millens. Yang terkenal dan menjadi ikon batik Brebes adalah batik salem. Dinamakan demikian karena batik itu diproduksi di Desa Bentar dan Desa Bentarsari, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes.

Seorang pengusaha batik memperlihatkan salah satu batik salem. (suararakyat.com)

Yang membuat batik salem berbeda dari batik daerah lain adalah prosesnya yang 100 persen buatan tangan. Yap, para perajin batik salem yang kebanyakan kaum ibu masih mempertahankan proses pembuatan batik dengan media canting dan malam.

“Batik salem semuanya ‘ditulis’ pakai tangan. Belum ada yang sampai dibuat dengan cap atau cetak seperti industri batik yang berkembang sekarang. Ini yang disebut masih orisinal 100 persen,” jelas Atmo Tan Sidik, salah seorang sejarahwan Brebes seperti ditulis liputan6.com (26/10/16).

Biasanya para perajin membatik di sela-sela kegiatan rumah tangga. Hasil produksi mereka pun belum begitu banyak. Yap, batik salem memang masih diproduksi dalam skala rumah tangga saja.

Kendati demikian, kamu nggak perlu meragukan kualitas dari batik salem, Millens. Selain kelihatan lebih artistik, batik buatan tangan juga punya lebih awet dan bisa disimpan hingga waktu yang lama lo.

Jadi, nggak perlu khawatir kalau batik salem yang kamu simpan bakal cepat rapuh dimakan waktu deh.

Oya, batik salem juga punya beberapa motif unik lo. Ada motif kopi pecah, manggar, dan ukel. Ada juga motif terbaru yang dikembangkan oleh para perajin batik salem yaitu motif telur, bebek, dan bawang. Wah, Brebes banget ya? Ha-ha!

Salah satu motif batik salem. (missnindy.com)

Kalau Sobat Millens berminat untuk mengoleksi batik salem, kamu bisa membelinya di gerai-gerai UMKM di Kabupaten Brebes. Batik salem juga bisa kamu jumpai di setiap rest area sepanjang jalur pantai utara Brebes.

Hm, jadi nggak sabar pengin punya batik unik dan berkualitas khas “Kota Telur Asin” ya! (IB10/E05)