Bikin Sebel, Ini Sebabnya Orang yang Ulang Tahun Harus Traktir

Bikin Sebel, Ini Sebabnya Orang yang Ulang Tahun Harus Traktir
Di sini, orang yang ulang tahun justru harus mentraktir temannya. Bikin sebel deh. (Flickr/ chee.hong)

Di Indonesia, kalau ada yang ulang tahun, justru yang bersangkutan bakal diminta mentraktir teman-temannya. Hal ini justru membuat sebal kan? Sejak kapan ya kebiasaan ini muncul?

Inibaru.id – Berbeda dengan hari ulang tahun di negara-negara lain yang ditunggu-tunggu. Di sini, banyak orang yang justru takut dengan perayaan ulang tahunnya sendiri. Beberapa orang bahkan sampai menyembunyikan hari ulang tahunnya. Alasannya? Mereka nggak mau ditagih mentraktir orang lain atau dikerjai habis-habisan.

Di luar negeri, konsepnya bakal terbalik. Kamu nggak perlu ngeluarin duit deh. Syaratnya, kamu juga harus punya keluarga atau teman yang masih perhatian sama kamu. Kalau memang masih punya, pasti bakal diberi kejutan deh. Nggak harus pesta lengkap dengan kuenya. Ditemui dan dikasih selamat terus ditraktir makan sama teman-teman adalah hal yang biasa.

Sangat berbeda di Indonesia, ya Millens. Di sini, bisa jadi kamu malah bakal disindir habis-habisan kalau nggak nraktir temen-temen pas ulang tahun. Bukannya senang, malah bikin dongkol di hari yang seharusnya bikin bahagia.

Perayaan ulang tahun justru jadi momok bagi orang Indonesia. (Flickr/

Cheon Fong Liew)
Perayaan ulang tahun justru jadi momok bagi orang Indonesia. (Flickr/ Cheon Fong Liew)

Ternyata, kebiasaan orang Indonesia kalau sedang ulang tahun justru harus mentraktir orang lain ini berasal dari kultur kita, lo, Millens. Hal ini diungkap oleh Sosiolog Universitas Padjadjaran Yusar. Menurutnya, kebiasaan ini berasal dari tradisi selamatan untuk berbagai acara di Tanah Air.

“Jadi kalau ada yang ulang tahun, dianggap hari spesial. Harus ada selamatannya. Nah, kebiasaan kita kan yang mengadakan selamatan yang punya rumah,” terang Yusar.

Yusar juga menyebut budaya orang Indonesia menganggap ulang tahun dengan rasa syukur karena diberi umur panjang atau masih bisa bertahan dari berbagai permasalahan kehidupan.

“Kesannya lebih kaya acara senang-senang, padahal sebagai pengingat juga bahwa kita masih dikelilingi keluarga atau teman-teman baik,” lanjut Yusar.

Perayaan ulang tahun jadi pengingat masih ada keluarga atau teman yang peduli. (Flickr/Mohd Fazlin Mohd Effendy Ooi)
Perayaan ulang tahun jadi pengingat masih ada keluarga atau teman yang peduli. (Flickr/Mohd Fazlin Mohd Effendy Ooi)

Konsep ini berbeda dengan di luar negeri. Saat ulang tahun, orang-orang terdekat justru akan berusaha memberikan penghargaan. Jadi, yang ulang tahunlah yang harus mendapatkan hadiah atau traktiran.

Meski maksud mengadakan selamatan saat ulang tahun itu baik, ada baiknya memang kita nggak sembarangan menagih traktiran pada mereka yang ulang tahun. Tapi, kalau mereka sendiri yang memang sudah berniat melakukannya, nggak apa-apa sih. Toh semua bakal senang, kan? (Vic/IB09/E05)