Biar Tetap Hoki, Hindari Pantangan Imlek Ini

Biar Tetap Hoki, Hindari Pantangan Imlek Ini
Di Hari Raya Imlek, ada sejumlah pantangan Imlek, lo. (Inibaru.id/Audrian Firhanussa)

Biar hoki dan nggak mendapatkan banyak masalah, kamu harus menghindari sejumlah pantangan Imlek, lo. Hm, apa saja, ya kira-kira-kira?

Inibaru.id – Hari Raya Imlek pada 2022 ini dirayakan pada 1 Februari. Sebagaimana di beberapa tahun sebelumnya, Imlek dirayakan di tengah musim hujan. Nah, katanya sih, adanya hujan ini bisa membawa hoki alias keberuntungan. Menurut kepercayaan, biar hokinya nggak hilang, kamu juga harus menghindari pantangan imlek, lo.

Masyarakat Tionghoa percaya kalau mereka harus menghindari sederet pantangan ini agar pada tahun ini, keberuntungan terus menyertai dan kesialan jauh. Nah, biar kamu nggak makin penasaran, berikut adalah sejumlah pantangan imlek tersebut, Millens.

1.       Cuci Baju

Eh ini beneran, lo, Millens. Di Hari Raya Imlek, kamu dilarang mencuci baju, khususnya di dua hari pertama pada Tahun Baru. Konon, dua hari ini adalah hari ulang tahun dari Dewa Air. Dia nggak suka dan bahkan bisa tersinggung kalau ada orang mencuci baju di hari ulang tahunnya, Millens. Kalau begini, bisa mempengaruhi rezekimu, lo.

2.       Menyapu atau Membuang Sesuatu

Saat Tahun Baru Imlek, kamu bakal dilarang untuk menyapu atau membuang sesuatu. Kalau memang pengin bersih-bersih rumah, lakukan sebelumnya, ya? Bahkan, membuang sampah atau barang-barang yang dianggap nggak berguna nggak boleh lo dilakukan saat Imlek.

Konon sih, pamali menyapu dan membuang di Tahun Baru Imlek ini sama saja dengan membuang rezeki. Duh, bisa rugi setahunan dong kalau begini.

Ada sejumlah pantangan imlek yang harus dipatuhi biar tetap hoki. (Inibaru.id/Zulfa Anisah)
Ada sejumlah pantangan imlek yang harus dipatuhi biar tetap hoki. (Inibaru.id/Zulfa Anisah)

3.       Menangis

Kalau sedih atau terharu, gimana? Ya, sebaiknya ditahan, Millens. Di Hari Raya Imlek, kamu memang nggak boleh menangis. Konon, kalau sampai ada yang menangis, bisa membawa nasib buruk atau bahkan kemalangan, lo.

Gara-gara hal ini, banyak orang tua yang sebisa mungkin menjaga anak-anak kecil mereka agar nggak menangis. Bahkan, ada yang menyebut di Tahun Baru Imlek, sebaiknya anak-anak nggak dihukum atau dimarahi meski melakukan kesalahan, lo.

4.       Minum Obat

Konon, di Tahun Baru Imlek sampai Festival Lentera, nggak boleh minum obat atau datang ke rumah sakit. Kalau nggak, bisa membuat penyakit ini susah sembuh sepanjang tahun. Duh, kalau ada obat yang wajib diminum setiap hari gimana dong? Kalau yang ini sih pengecualian, ya? Kan wajib agar bisa sembuh.

5.       Membuat Benda Pecah

Beneran deh, kamu harus hati-hati agar nggak memecahkan benda di Tahun Baru Imlek. Andaipun nggak sengaja, segera kumpulkan pecahannya dan ditempatkan di dalam kertas atau kain dengan warna merah. Tujuannya, demi mencegah perpecahan keluarga dan seretnya rezeki, Millens.

Kira-kira, ada lagi nggak ya pantangan imlek yang sebaiknya dihindari? (Ine/IB09/E05)