Berkenalan dengan Tokoh Pewayangan dari Kahayangan Gudapala, Batara Kuwera

Berkenalan dengan Tokoh Pewayangan dari Kahayangan Gudapala, Batara Kuwera
Batara Kuwera. (Katalogwayang.blogspot)

Batara Kuwera adalah tokoh yang kurang populer dalam Kesenian Wayang. Meski begitu, bukan berarti kisah tokoh ini nggak menarik untuk ditonton, lo. Nggak hanya memiliki kekayaan yang luar biasa, tokoh ini dikenal pula sebagai dewa pemberi petunjuk bagi manusia menjalani kehidupan.

Inibaru.id – Kesenian wayang memukau nggak hanya lewat ceritanya, tapi juga tokoh-tokohnya. Nah, di antara sekian banyaknya tokoh pewayangan, Batara Kuwera mungkin masih asing di telinga. Padahal, Batara Kuwera juga punya sisi yang menarik, lo.

Dewa yang tinggal di Kahayangan Gudapala ini merupakan simbol kesejahteraan dan kemanusiaan. Menilik fisiknya, Batara Kuwera termasuk wayang gagahan. Dengan mata yang melotot dan ujung hidung yang menonjol, sang dewa makin gagah dengan baju dan sepatu dari kain rapekan.

Dalam mitologi Jawa, Batara Kuwera bertugas memberikan petunjuk, perlindungan, dan pahala bagi manusia. Nggak hanya itu, dewa ini diceritakan terkenal karena kekayaannya. Konon, saking kayanya, Prabu Duryudana memiliki perasaan iri dan dengki pada pemilik Keraton Amarta ini.

Selain punya riwayat dengan Prabu Duryudana, Batara Kuwera juga memiliki riwayat dengan Anoman lewat lakon “Pandawa Matirta”. Dalam lakon tersebut, Batara Kuwera melerai pertikaian antara Anoman dengan dua raksasa penjaga Taman Andana.

Anoman yang saat itu ditugaskan mengambil bunga dihentikan aksinya sesaat oleh Ditya Wirupaksa dan Ditya Wirakampana. Kamu yang belum pernah menonton lakon ini sudah bisa menontonya di Youtube, lo.

Tokoh-tokoh pewayangan nggak kalah keren dibandingkan para pahlawan dari luar negeri kan? Kalau kamu pengin wayang semakin dikenal, nggak ada salahnya, lo, mempopulerkan tokoh-tokohnya lewat film. Eh, kalau bikin film, jangan lupakan Batara Kuwera juga ya! (IB15/E03)