Kapan Kita Ke Mana Libur Lebaran Tahun Ini? Ke Banyuwangi Saja!

Kapan Kita Ke Mana Libur Lebaran Tahun Ini? Ke Banyuwangi Saja!
Festival Banyuwangi 2015. (Sewarga.com)

Millens, libur lebaran tahun ini kamu sudah punya agenda belum? Kalau masih bingung, melancong saja ke Banyuwangi, Jawa Timur. Di sana, ada banyak agenda seru yang akan mewarnai liburanmu. Wah apa saja ya?

Inibaru.id – Setelah merayakan lebaran bersama keluarga, berlibur jadi agenda wajib saat libur lebaran. Beberapa destinasi wisata biasanya padat dikunjungi. Nggak jarang, banyak pengunjung yang nggak bisa masuk ke objek wisata saking penuhnya.

Eit, tapi kamu nggak perlu khawatir Millens. Jalan-jalan saat libur lebaran nggak melulu harus ke tempat wisata kok. Di Banyuwangi misalnya. Di sana, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat yang kerap mengadakan acara-acara seru. Simak uraiannya di bawah ini ya!

Barong Ider Bumi

Barong Ider Bumi. (Liputan6.com)

Masyarakat Desa Kemiren, Kecamatam Glagah, Kabupaten Banyuwangi menggelar ritual Barong Ider Bumi di hari kedua Lebaran. Tradisi yang sudah berusia ratusan tahun tersebut bertujuan untuk "membersihkan" kampung agar terhindar dari bala bencana.

Oya, perlu kamu tahu nih, barong dipercaya oleh masyarakat Desa Kemiren sebagai makhluk mitologi penjaga desa. Barong yang memiliki sayap akan diarak oleh warga Desa Kemiren menggunakan baju adat Osing yang dominan berwarna hitam.

Sepanjang jalan, tokoh adat masyarakat Using menebarkan uang koin yang dicampur dengan bunga dan beras kuning. Nha, karena acara ini sangat meriah, banyak sekali turis yang datang untuk menyaksikan Barong Ider Bumi. 

Diaspora Banyuwangi

Diaspora Banyuwangi. (kompas.com)

Diaspora Banyuwangi akan digelar pada 3 Syawal di Pendopo Shaba Swagata Blambangan yang berada tepat di tengah kota. Agenda tahunan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi ini, mengundang ribuan masyarakat Banyuwangi yang tinggal di berbagai kota di Indonesia dan belahan dunia untuk hadir dan bersilturahmi.

Ada berbagai pertunjukan menarik dan sajian kuliner khas Banyuwangi lo. Siapa pun bisa ikut bergabung ke acara Diaspora Banyuwangi. Oya, kabarnya Menteri Pariwisata Arief Yahya yang berasal dari Banyuwangi dipastikan hadir juga, lo. Yuk, datang!

Seblang Olehsari

Tari Seblang. (travel.kompas.com)

Nah, kalau tradisi yang satu ini digelar setahun sekali selama tujuh hari berturut-turut pada bulan Syawal. Biasanya Seblang Olehsari dimulai pada tanggal 3 atau 4 Syawal atau menunggu petunjuk lelulur desa Olehsari yang disampaikan lewat warga yang kesurupan.

Tradisi ini berbetuk sebuah tarian magis yang dilakukan oleh penari terpilih yang masih gadis. Tarian dimulai selepas asar dan ditarikan oleh penari dalam keadaan nggak sadarkan diri hingga berakhir sebelum magrib.

Pada hari ketujuh, penari akan diarak keliling Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Yang menarik, pada Seblang Olehsari, penari akan melempar selendang kepada penonton untuk diajak menari bersama-sama.

Tradisi Puter Kayun

Tradisi Puter Kayun di Banyuwangi. (Banyuwangiinfo.com)

Tradisi Puter Kayun ini diikuti oleh ribuan warga Kelurahan Boyolangu Kecamatan Giri. Tradisi tersebut digelar untuk mengenang Buyut Jakso, leluhur desa yang telah membuka jalan di Pantai Watu Dodol.

Mereka akan mengendarai dokar dari kampung mereka di Boyolangu menuju Pantai watu Dodol yang berjarak sekitar 15 kilometer.

Masyarakat yang nggak terangkut dokar akan mengendarai kendaraan pribadi mulai sepeda motor, mobil, pick up, hingga truk menuju Pantai Watu Dodol. Di tepi pantai mereka akan menghabiskan bekal makanan yang sengaja dibawa bersama dengan keluarga dan kerabat mereka.

Gimana? Libur lebaran kali ini sepertinya wajib ke Banyuwangi ya! (IB06/E05)