Latih Keterampilan Motorik Anak, Beginilah Cara Bermain Gasing!

Jika kamu sedang mencari mainan tradisional yang bisa digunakan untuk mengasah kemampuan motorik anak, gasing mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Lewat mainan ini, anak bisa mengembangkan keterampilan berkomunikasi hingga belajar bekerja sama, lo.

Latih Keterampilan Motorik Anak, Beginilah Cara Bermain Gasing!
Gasing jadi salah satu mainan tradisional yang seru dimainkan bersama teman. (Cultura)

Inibaru.id – Bermain gasing bisa menjadi momen yang menggembirakan bagi orang dewasa dan anak-anak. Selain menjadi waktu untuk bersenang-senang, gasing bisa menyatukan orang untuk menjalin pertemanan.

Nah, kalau kamu sedang bingung memilih mainan apa yang cocok untuk anakmu, gasing bisa jadi pilihan yang pas.

Bagi kamu dengan anak yang sedang memasuki tahap perkembangan komunikasi, gasing bisa jadi media yang membantu. Dengan memainkannya bersama anak lain, anak bakal mengasah keterampilan komunikasinya. Ini bakal memudahkannya menjalin hubungan dan kerja sama dengan orang lain.

Gasing. (Antara/Yudi Mahatma)

Jika kamu belum tahu gimana menggunakan gasing, pelajari dulu caranya berikut ini sebelum mengajarkannya pada anak. Yuk, kepoin dulu!

Cara Bermain:

  1. Pegang gasing di tangan kiri, sementara itu pegang tali dengan tangan kanan. Lilitkan tali mulai pada bagian paksi (kaki gasing) hingga ke badan dengan erat.
  2. Mulailah berhitung dari angka 1-3 sebelum akhirnya menarik tali dan melepaskan gasing ke permukaan yang datar.
  3. Gasing akan berputar dalam kurun waktu tertentu, dan gerakannya akan kian melambat. Nggak jarang dalam proses berputarnya, gasing akan bertabrakan dengan gasing lain. Gasing yang nggak terlempar dari arena atau yang paling lama berputarnya bakal menjadi pemenangnya.

Gampang kan? Dengan sedikit usaha, anak akan dengan cepat bisa belajar gimana memainkan mainan ini.

Gasing. (Antara/Yudi Mahatma)

Selain gasing, perkenalkan juga anak pada mainan-mainan tradisional lainnya ya. Mainan tradisional nggak kalah seru dibandingkan mainan modern kok! (IB06/E03)