Apa Istimewanya Batik Tegalan Sekar Jagat?

Apa Istimewanya Batik Tegalan Sekar Jagat?
Muniroh, pengrajin batik Tegalan. (Tribunnews/Fajar Bahruddin Achmad)

Sekar Jagat khas Tegalan menjadi salah satu motif batik yang kerap dicari pencinta batik saat berkunjung ke Tegal, Jawa Tengah. Apa istimewanya?

Inibaru.id – Tegal, laiknya Kabupaten Pemalang dan Batang, nggak cukup dikenal sebagai penghasil batik lantaran kalah pamor dengan Pekalongan, yang juga berada di wilayah Pantura Jawa Tengah. Namun, bukan berarti Kota Bahari itu nggak punya batik. Masyarakat setempat mengenal Batik Tegalan, dengan salah satu motif unggulan Sekar Jagat.

Sekar jagat merupakan salah satu motif yang banyak digunakan pembatik. Sekar berarti bunga (ada juga yang mengatakan berasal dari kata kar atau peta), sedangkan jagat berarti dunia. Motif itu melambangkan keanekaragaman di dunia yang indah. Bagaimana dengan Sekar Jagat Tegalan?

Perlu kamu tahu, Batik Tegalan memiliki ratusan motif yang dengan karakter yang khas. Ciri utama batik tersebut terdapat pada warnanya yang cenderung gelap, berbeda dengan Batik Pekalongan yang lebih terang.

Nah, Sekar Jagat Tegalan merupakan kesatuan dari segala motif batik yang ada di Tegal. Selain sekar jagat, motif batik klasik seperti beras tumpah, kuku macan, ceceh ngaweh, sawatan, batu pecah, dan fajar sidik juga diminati. Batik-batik tersebut dijual dengan rentang harga yang cukup beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

Oya, meski batik klasik cukup diminati, beberapa pembatik Tegal juga menggunakan perpaduan warna yang lebih cerah, khususnya pada batik kontemporer dan modern.

Kalau kamu berminat dengan Batik Tegalan, nggak ada salahnya menjadikan sekar jagat sebagai pilihan. Beli satu, dapat semua motif! Ha-ha. (IB24/E03)