Angka Delapan Jadi Simbol Dalam Motif Batik Geblek Renteng Khas Kulonprogo
Baim Wong mengenakan batik motif geblek renteng. (kecamatanlendah)

Angka Delapan Jadi Simbol Dalam Motif Batik Geblek Renteng Khas Kulonprogo

Diciptakan oleh seorang anak SMA, Batik Geblek Renteng kini menjadi salah satu motif batik khas Kulonprogo dengan ciri khas simbol menyerupai angka delapan.

Inibaru.id - Simbol angka delapan menjadi salah satu ciri khas motif batik dari Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta, ini. Hal tersebut berkaitan erat dengan geblek, makanan asli Kulonprogo yang terbuat dari olahan singkong. Motif batik itu dikenal sebagai Geblek Renteng.

Dalam bahasa Jawa, renteng berarti saling berkait. Secara harfiah, geblek renteng berarti geblek yang berkaitan. Ini mirip dengan bentuk geblek yang bergerombol saat digoreng.

Bagi masyarakat Kulonprogo, geblek renteng adalah identitas mereka. Penemuan motif ini bermula dari tangan Ales Candra Wibawa yang masih berseragam sekolah. Kala itu dia tercatat sebagai siswa SMA N 1 Wates, Kulonprogo.

Industri UMKM batik di Kulonprogo semakin bergairah dengan kemunculan motif geblek renteng. (Detiknews)<br>
Industri UMKM batik di Kulonprogo semakin bergairah dengan kemunculan motif geblek renteng. (Detiknews)

Motif geblek renteng diciptakan Ales untuk mengikuti lomba desain batik yang diadakan Pemkab Kulonprogo pada 2012. Keluar sebagai juara, Batik Geblek Renteng pun kemudian menjadi seragam ASN dan siswa sekolah di seluruh wilayah Kulonprogo.

Kenapa Angka Delapan?

Dalam pandangan Ales, angka delapan melambangkan jumlah desa dan kelurahan di Kulonprogo yang berjumlah 88. Geblek juga merupakan makanan yang merakyat. Bentuknya yang berikatan pun menjadi cerminan hubungan masyarakat Kulonprogo yang erat.

Setali tiga uang, Wakil Bupati Kulonprogo Sutejo mengumpamakan geblek renteng seperti orang-orang yang bahu-membahu dan saling bergotong-royong.

Simbol angka delapan adalah ciri paling menonjol dari batik geblek renteng. (galerisembungbatik)<br>
Simbol angka delapan adalah ciri paling menonjol dari batik geblek renteng. (galerisembungbatik)

Selain geblek renteng, motif lain yang bisa kamu jumpai saat bertandang ke Kulonprogo di antaranya Emblem Binangun. Motif ini memiliki unsur bunga kuncup yang melambangkan Kulonprogo calon permata baru di Jawa, bersanding dengan buah manggis yang merupakan buah khas setempat. 

Nah, buat kamu yang suka batik dengan motif makanan, nggak ada salahnya memburu batik dari Kulonprogo ini. Baim Wong, artis yang terkenal itu, juga pernah mengenakannya, lo! Ha-ha. (MG25/E03)