Ada 12 Shio, Tapi Kenapa ya Nggak Ada Shio Kucing?

Ada 12 Shio, Tapi Kenapa ya Nggak Ada Shio Kucing?
Tahun Baru Imlek 2022. Tahun ini adalah Shio Macan Air. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Tahun Baru Imlek 2022 adalah tanda kalau tahun ini adalah shio macan air. Hm, yang menarik, dari 12 shio di dalam Kalender Tiongkok, nggak ada shio kucing. Ada cerita menarik lo soal yang terakhir ini. Apa, ya?

Inibaru.id – Tahun Baru Imlek 2022 adalah Tahun Macan Air. Oh, ya kalau kamu masih bingung, macan air ini sebenarnya adalah salah satu dari 12 shio yang ada dalam Kalender Tiongkok. Tapi, kalau dicermati, kok nggak ada shio kucing, ya?

Padahal, kucing termasuk dalam hewan yang sering ditemukan dalam kultur budaya Tionghoa. Tuh, patung di toko-toko dengan satu tangan terus melambai untuk menarik pelanggan adalah patung kucing, bukan? Tapi justru kucing nggak masuk dalam shio-shio siklus 12 tahunan.

Jadi gini, Millens, ke-12 hewan yang jadi shio itu adalah naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, babi, tikus, kerbau, dan untuk tahun ini adalah macan. Sebelumnya, shio macan juga terjadi pada 2010 lalu.

Omong-omong, dari mana sih shio-shio ini? Konon, hal ini berasal dari Astrologi Tiongkok, Millens. Diperkirakan, shio ini sudah dikenal masyarakat Tiongkok kuno pada 475 sampai 221 Sebelum Masehi (SM). Sudah lama juga ternyata, ya?

Lantas, dari mana asal mula pemilihan shio-shio ini? Kalau yang ini, sih, kabarnya terkait dengan perdagangan jalur Sutera yang juga berimbas pada perkembangan agama Buddha. Maklum, hewan-hewan ini juga masuk dalam legenda dan mitologi zodiak Tiongkok.

Tahun 2022 adalah tahun macan air. (2022happynewyear.com<b>) </b>
Tahun 2022 adalah tahun macan air. (2022happynewyear.com

Konon, pada zaman dahulu, Kaisar Giok berulang tahun dan meminta sejumlah hewan berlomba demi menentukan urutan zodiak Tiongkok. Hewan-hewan ini memiliki sifatnya sendiri-sendiri. Contohlah, ada tikus yang cerdik dan bisa datang ke tempat perlombaan paling awal usai menunggangi sapi. Sementara itu, ular yang licik menakuti kuda sehingga kuda nggak bisa menyelesaikan perlombaan. Sementara itu, babi yang dikenal malas jadi yang paling terakhir.

Meski begitu, ada legenda lain yang menyebut 12 hewan di shio-shio ini adalah hewan yang dipilih untuk menjadi pengawal Kaisar Langit. Nah, setiap hewan punya kepribadian dan sifat sendiri-sendiri. Jadi, konon orang yang lahir di shio tertentu, bakal memiliki sifat, perilaku, dan kepribadian yang sama seperti shionya.

Balik lagi ke pertanyaan, mengapa nggak ada kucing di shio kalender Tiongkok? Jadi, kabarnya, sang kucing sebenarnya pengin naik sapi untuk menyeberang sungai tatkala dipanggil untuk jadi pengawal Kaisar Langit. Tapi, tikus yang sama-sama naik di punggung sapi kabarnya menyenggolnya hingga kucing jatuh ke sungai dan nggak pernah bisa menemui Kaisar Langit tepat waktu.

Legenda lain menyebut tikus membohongi kucing soal waktu pemanggilan Kaisar Langit sehingga dia tiba lebih lambat sehari dari hewan-hewan lainnya. Gara-gara hal inilah, kucing sampai sekarang membenci tikus dan takut air.

Btw, Selamat Tahun Baru Imlek 2022. Semoga di tahun Macan Air ini, semua semakin bahagia, Millens. (Kom/IB09/E05)