5 Jenis Perkutut yang Konon Bawa Rezeki, Kamu Punya?

5 Jenis Perkutut yang Konon Bawa Rezeki, Kamu Punya?
Beberapa jenis perkutut dipercaya datangkan rezeki. (Shutterstock via Greeners)

Bagi sebagian masyarakat Jawa, memelihara perkutut adalah sebuah keharusan. Menurut mitos yang mereka percaya, beberapa jenis burung perkutut dapat melancarkan rezeki hingga menjauhkan sang penghuni rumah dari serangan gaib.

Inibaru.id - Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang sangat populer di kalangan pecinta burung maupun masyarakat umum. Di balik pesona perkutut, ada begitu banyak mitos yang dipercaya masyarakat Jawa.

Banyak orang Jawa menganggap perkutut sebagai burung dengan kasta tinggi. Nggak heran jika banyak orang tertarik memeliharanya. Dulu, ada anggapan bahwa seorang lelaki belum sah menjadi lelaki sejati jika belum memelihara perkutut.

Bingung? Ternyata hal ini berkaitan dengan kelengkapan prinsip seorang lelaki Jawa sejati yang disebut "limo wasto" yaitu Wisma (rumah), Garwa (istri), Curigo (keris/senjata andalan), Turonggo (kuda), dan Sepat Kulilo (burung). Nah, yang kelima ini diwakili oleh burung perkutut.

Beberapa orang mungkin memelihara burung ini juga karena mitos pembawa rezekinya. Hm, apa saja jenis perkutut yang menarik rezeki bagi pemiliknya?

Perkutut Songgo Ratu

Perkutut Songgo Ratu konon merupakan jelmaan seorang  putra raja. (Youtube via Burungnya)
Perkutut Songgo Ratu konon merupakan jelmaan seorang  putra raja. (Youtube via Burungnya)

Perkutut Songgo Ratu konon merupakan keturunan putra Raja Bali pada zaman Majapahit. Ia dikejar-kejar oleh musuh hingga sampailah di Desa Tutul, Blambangan, Banyuwangi. Namun, ia tewas terbunuh dan menjelma menjadi Perkutut Songgo Ratu.

Burung perkutut ini memiliki jambul seperti mahkota berwarna putih di kepalanya. Kaki dan paruhnya berwarna hitam dan warna bulunya juga kehitam-hitaman. Sifatnya anggun mirip seorang ningrat. Hidupnya pun di tempat-tempat sepi seperti goa atau kuburan.

Karena perkutut ini tampak berwibawa, perkutut lain nggak berani bersuara di dekatnya. Songgo Ratu juga jarang berbunyi dan suaranya juga relatif kecil.

Mitosnya:

Perkutut ini dapat menolak santet atau ilmu hitam. Selain itu, dapat melancarkan rezeki. Orang yang memeliharanya dipercaya bakal hoki.

Perkutut Hitam

Perkutur Hitam dijuluki rajanya perkutut. Jenis ini juga sering dikaitkan dengan hal-hal ghaib. Konon, burung perkutut jenis ini mampu memancarkan aura keberuntungan bagi sang pemilik. Seperti namanya, Perkutut Hitam berwarna hitam.

Perkutut Putih

Perkutut Putih dapat mendatangkan harta hingga 7 turunan bagi pemiliknya. (Jalaksuren via Klikhijau)
Perkutut Putih dapat mendatangkan harta hingga 7 turunan bagi pemiliknya. (Jalaksuren via Klikhijau)

Di antara jenis perkutut lain, Perkutut Putih adalah yang paling langka. Dinamakan Perkutut Putih karena di sekujur tubuhnya berwarna putih. matanya merah, dan paruhnya kemerah-merahan. Eh, harga burung perkutut jenis ini relatif mahal di pasaran, lo.

Mitosnya:

Konon, pemilik perkutut ini bisa hidup bergelimang harta sampai burung ini mati. Selain mendatangkan rezeki yang luar biasa, Perkutut Putih dipercaya dapat menolak santet. Jika dikonsumsi dapat menyembuhkan batuk, melancarkan buang air besar, dan peredaran darah karena dagingnya kaya serat dan vitamin.

Perkutut Urat

Bulu dada berwarna putih menjadi ciri burung perkutut jenis ini. Sama seperti Songgo Ratu, Perkutut Urat juga punya kewibawaan dan dihormati oleh jenis perkutut lainnya.

Hebatnya, ia nggak perlu repot mencari makanan karena bakal dicarikan makan dan disuapi perkutut lainnya.

Mitosnya:

Mampu untuk meningkatkan kewibawaan pemiliknya dan disegani oleh banyak orang.

Perkutut Daringan

Perkutut Daringan punya tampilan yang indah. Kamu bakal melihat bulunya bergaris-garis di seluruh tubuhnya kecuali pada bagian kepala. Garis-garis yang nggak putus ini konon merupakan gambaran rezeki yang nggak putus sampai 7 turunan.

Wah, menarik banget ya ternyata mitos burung perkutut ini. Eh, kamu memelihara perkutut juga nggak, nih, Millens? (Pik/IB21/E07)