4 Perayaan Lebaran Ketupat Ini Nggak Kalah Seru dengan di Jawa, Lo!

4 Perayaan Lebaran Ketupat Ini Nggak Kalah Seru dengan di Jawa, Lo!
Ketupat. (nova.grid.id)

Siapa bilang lebaran ketupat hanya ada di Jawa? Informasi tentang lebaran ketupat di luar Pulau Jawa ini bakal menambah wawasanmu.

Inibaru.id - Lebaran ketupat memang identik dengan Pulau Jawa. Namun di daerah lain kamu juga bisa menemukan tradisi ini, Millens. Pelopor tradisi kupatan adalah Sunan Kalijaga. Nah, tradisi lebaran ketupat dibawa oleh orang-orang Jawa yang merantau.

Kira-kira selain di Pulau Jawa, daerah mana lagi sih yang merayakan tradisi lebaran ketupat?

Lombok, Nusa Tenggara Barat

Cidomo, andong khas Lombok. (wikipedia)

Pada tradisi yang dinamai Lebaran Topat itu, masyarakat di Lombok memeriahkannya dengan tradisi nyangkar. Yaitu dengan arak-arakan angkutan tradisional cidomo hias yang mengangkut dulang berisi ketupat menuju pusat perayaan di makam Loang Baloq. Cidomo ini dikenal sebagai andong kalau di Jawa.

Nah begitu sampai di makam, mereka akan berzikir dan doa bersama untuk para leluhur, Millens. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan potong ketupat dan makan bersama di Taman Loang Baloq. Seru ya!

Kolaka, Sulawesi Tenggara

 

Masyarakat memadati pantai Lamunre saat lebaran ketupat. (indonesiabangkit.net)

Di Kecamatan Toari dan Watubangga serta beberapa kecamatan lainnya merayakan Lebaran Ketupat di Pantai Lamunre. Di sana, mereka mengadakan rekreasi bersama sanak saudara sambil membawa menu hidangan ketupat.

Pelopor tradisi ini adalah suku Jawa yang tinggal di Ranowenta dan Wowoli, Millens. Lambat laun kegiatan ini diikuti warga masyarakat lainnya. Akhirnya, hari ketujuh setelah Idul Fitri disepakati sebagai lebaran ketupat.

Gorontalo

Ketupat yang disiapkan untuk lebaran ketupat. (gorontalotoday.com)

Masyarakat Gorontalo mengenal lebaran ketupat dengan nama Bakdo Kupat. Lagi-lagi pelopor tradisi ini suku Jawa, Millens. Perayaan Lebaran Ketupat di Gorontalo dilakukan dengan menyelenggarakan open house di rumah-rumah, khususnya di Kampung Jawa. Menu utama yang disediakan adalah ketupat dan opor ayam, siapa saja boleh menikmati hidangan tersebut.

Dilansir dari idntimes.com (22/6/2018) tahun ini perayaan Bakdo makin meriah, lo. Ada lomba karapan sapi, pacuan kuda, dan ribuan ketupat dari pemerintah Gorontalo. Pengunjung juga nggak akan kelaparan di tengah perayaan karena tersedia aneka masakan khas Gorontalo yang disediakan secara gratis. Wah!

Manado, Sulawesi Utara

Persiapan menyambut lebaran ketupat di Kelurahan Maasing, Manado. (manadopostonline.com)

Nova.grid.id (14/6/2018) menulis masyarakat Manado mengenal lebaran ketupat dari orang-orang Jawa keturunan Imam Bonjol di Tondano. Mereka bakal mengadakan open house untuk saling memaafkan dan tentunya menyantap berbagai hidangan yang disediakan tuan rumah. Semua orang tanpa dipandang suku dan agama dipersilakan masuk.   

Perayaan lebaran ketupat ini bahkan lebih meriah dari Hari Raya Idul Fitri, lo. Ada berbagai lomba yang diadakan dengan hadiah-hadiah menarik. Dijamin senang dan kenyang kan?   

Jadi, sekarang percaya kan kalau lebaran ketupat nggak hanya ada di Pulau Jawa? Bisa jadi referensi wisata lebaran ketupat tahun depan, nih. (IB05/E05)