Pentingnya Menghapus Jejak Digital

Pentingnya Menghapus Jejak Digital
jejak digital(Foto:http://nlmarcom.com)
2k
View
Komentar

inibaru.id-Aktivitas orang tua untuk menghapus jejak-jejak di dunia digital nampaknya menjadi suatu hal penting yang perlu diperhatikan. Sekilas aktivitas tersebut memang tampak sepele. Tapi sebenarnya sangat penting terutama untuk orang tua yang kerap berbagi perangkat digital dengan anak-anak.

Kendati sebagian besar anak-anak meminjam gawai orang tua untuk bermain game tapi tidak menutup kemungkinan mereka penasaran untuk mengakses aplikasi lain yang tersimpan di gawai. Itu sebabnya orang tua perlu berhati-hati, jangan sampai anak-anak tercemar atau terpapar pengaruh negatif yang bersumber dari perangkat digital yang kita miliki.

Itu sebabnya, menghapus jejak digital yang sudah tidak relevan lagi itu sangat penting. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bersih-bersih jejak kita di perangkat digital adalah sebagai berikut:

  1. Melihat kembali apa saja yang sudah diunggahdi berbagai aplikasi digital

Cara ini cukup mudah. Cukup dengan mengetikkan kata kunci nama kita atau nama yang sering digunakan untuk mengakses dunia digital melalui mesin pencari semacam Google. Dalam sekejap, di halaman hasil pencarian akan terlihat apa saja dan di mana saja kita pernah membuat jejak, baik tulisan, komentar, pertanyaan, dan sebagainya. Jika dirasa tidak ada manfaatnya lebih baik segera dihapus.

  1. Cek kembali setingan pribadi di berbagai akun media sosial atau aplikasi digital lainnya

Mungkin saat asyik berselancar di media sosial saat ini, anak-anak masih kecil. Tapi dalam waktu lima atau sepuluh tahun ke depan saat anak-anak sudah mulai tumbuh besar dan mulai aktif bermain di dunia maya, apa saja yang pernah kita posting, tulis, komentari, share, akan dibaca oleh anak-anak kita. Mereka dapat melacak hanya dengan mengklik nama akun kita. Itu sebabnya, mengapa kita perlu berhati-hati setidaknya demi masa depan dunia digital anak-anak kelak.

  1. Update secara berkala dan gunakan password yang kuat untuk melindungi akun digital

Kemajuan dunia digital memang memberikan banyak manfaat positif untuk hidup kita. Tapi, tak dimungkiri juga bahwa ada sisi negatifnya. Pasalnya, banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang meretas akun digital kita untuk perbuatan jahat. Segera lakukan pengamanan berlapis untuk menghindari hal tersebut. Anda bisa menggunakan fitur yang saat ini sudah disediakan, beragam aplikasi digital untuk mengamankan password agar tidak mudah di akses orang lain, termasuk anak-anak kita sendiri. (IP)