Horee! Indonesia Kini Miliki Email Sendiri

Patut berbangga hati, guna mempermudah komunikasi jarak jauh dan pekerjaan kini Indonesia miliki email sendiri, merahputih.id. PT IP Network Solusindo (IPNet) bersama Telkomsel sebagai penggagas fitur ini menyebutkan penggunaan merah putih.id ini untuk perkuat identitas bangsa.

Horee! Indonesia Kini Miliki Email Sendiri
Email (Foto: wordpress.com)

Inibaru.id - Kebanyakan orang tak asing lagi dengan sura telektronik alias email.Layanan surat-menyurat via internet ini biasa digunakan untuk berbagi kabar, melamar pekerjaan, membuat akun pribadi  media social dan lain-lain. Bahkan, karena memiliki banyak kepentingan, terkadang seseorang mempunyai lebih dari satu email.

Begitu mudahnya segala urusan terselesaikan dengan email. Kita bias mengirim teks dari jarak yang sangat jauh. Padahal, dahulu kala saat pertama diuji coba, email hanya dapat dikirim dari jarak yang sangat dekat.

Membincang sedikit terkait sejarah, email kali pertama dikirim pada 1971 oleh Raymond Samuel Tomlinson. Pada waktu itu, Ia mengirim pesan kekomputer secara teoritis berada di sebelahnya dan hanya berjarak lebih kurang satu meter. Isi pesan tulisannya yakni’QWERTYUIOP’ yang merupakan baris pertama dari keyboard.

Kini, dunia digital telah maju demikian pesatnya. Surat elektronik yang kita punya bias mengirimkan data dengan cepat dan ukuran yang relative besar. Tak hanya itu, saat ini kita juga dapat berkirim email dengan jarak yang amat jauh sekalipun.

Kendati demikian, bukankah yang sering kita pakai adalah layanan email kepunyaan luar negeri macam Gmail, Yahoo dan lainnya? Para perusahaan raksasa yang menyediakan layanan email tersebut memang memanjakan kita dengan beragam kemudahan fasilitasnya. Meski begitu, tak ada salah nya jika kita mendengar kabar menyenangkan dari Indonesia tentang layanan email.

Ya, baru beberapa waktu lalu, Indonesia resmi mempunyai layanan email sendiri, bernama merah putih.id. PT IP Network Solusindo (IPNet) bersama Telkomsel-lah yang menghadirkan akses layanan surat-menyurat asli Indonesia ini. Mereka berharap merah putih.id mampu mengurangi beban biaya band with penggunaan internet internasional. Lebih dari itu, keberadaan merah putih.id tentu saja akan menjadi salah satu identitas bangsa Indonesia.

“Hal ini juga memperkuat komitmenTelkomsel untuk menjaga kedaulatan digital NKRI dengan memberikan dukungan kepada perusahaan IT local untuk mengambil peran membuka akses komunikasi bagi seluruh masyarakat Indonesia,’’ ujar HE Haryadi, Presiden Direktur IP Net.

Lalu, kemampuan apa saja yang sudah bias dicapai oleh merah putih.id ini? Layanan jaringan, aplikasi,pusat data dan infrastruktur yang dikelola email asli Indonesia ini memiliki kemampuan berbagi dokumen, video, dan gambar. Selian itu, web mail merah putih.id ini juga dapat berkolaborasi dengan sesame komunitas pengguna hingga 100 MB yang memberikan kapasitas penyimpanan sebesar  50GB.

Layanan email dari merah putih.id memang tergolong masih baru. Tapi para pendiri nya berharap merah putih.id dapat memberikan layanan dan solusi mobile digital yang melebihi ekspektasi pelanggan. Layanan tersebut terintegrasi dengan beberapa produk lain seperti cloud storage, group chatting, news portal, IPTV,hingga market place.

Nah, email bikinan anak bangsa begitu menggiurkan untuk dicoba, kan? Tak ada salahnya jika menggunakan merah putih.id untuk membantu pekerjaan kantor, kuliah, sekolah, bisnis kita. Performa nya tidak kalah dengan layanan email lainnya, kok.(GIL/IB)