Festival Kreasi Teknologi Terbesar Indonesia di Festival Habibie 2017

Sosok BJ Habibie tak hanya dikenal masyarakat sebagai mantan presiden Republik Indonesia.

Festival Kreasi Teknologi Terbesar Indonesia di Festival Habibie 2017
Suasana dalam Festival Habibie 2017. (Foto : Majalah Kartini)
196
View
Komentar

Inibaru.id - Sebelumnya, pria yang usianya tengah menginjak angka 81 tahun ini justru dikenal sebagai orang yang mahir di bidang teknologi, terlebih di dunia kedirgantaraan.

Kiprah pria bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie di Indonesia dan luar negeri sudah tidak diragukan lagi. Bahkan secara singkat, kita bisa melihat kisah perjuangannya dalam film biografi tentangnya yang digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo. Oleh karena itu, tak heran jika mantan Menteri Riset dan Teknologi di Era Orde Baru itu mempunyai banyak penggemar, baik anak muda maupun orang tua.

Baca juga:
Produk Unggulan Anak Bangsa Dipamerkan di Peringatan Harteknas di Makassar
Wow! Canggih! Telah Terpasang Kabel Laut di Sepanjang Indonesia - AS

Salah satu bentuk penghargaan terhadap Habibie, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan Festival Habibie 2017 di Jakarta International Expo (JIExpo). Acara yang sama sudah pernah digelar di tahun lalu. Ini merupakan festival inovasi anak bangsa terbesar di Indonesia. Ada sekitar 100 perusahaan dan komunitas yang bergiat dalam industry Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang akan memperkenalkan produk inovasi mereka kepada masyarakat.  

Acara yang digelar pada 7 hingga 13 Agustus 2017 itu mengangkat tema: Inovation for People, Lihat Sentuh dan Rasakan Teknologi Terbaru untuk Masa Depan yang Lebih Baik. Sebagai ikon dari perkembangan IPTEK Indonesia, BJ Habibie membuka langsung acara ini pada Senin (7/8/2017).

Putra BJ Habibie sekaligus Pendiri dan Ketua Gerakan Berkarya Indonesia, Ilham Abar Habibie mengatakan bahwa Habibie Festival merupakan perayaan dan kontribusi BJ Habibie sebagai sosok figure nasional, bapak bangsa, mentor komunitas dan ikon ilmu pengetahuan Indonesia.

Baca juga:
Mahasiswa UI Ciptakan ‘Cardium’, Alat Ukur Real Time Risiko Diabetes dan Jantung
Beginilah Giroskop Militer Dari Serat Optik Buatan Anak Indonesia

Dilansir dari goodnewsforindonesia.com, acara Habibie Festival 2017 megedepankan tema-tema seperti keterhubungan, kehidupan dalam genggaman, negara inovatif, serta perempuan dan teknologi yang terwujud dalam kegiatan berupa pelatihan, seminar, kelas pembinaan dan masih banyak lagi.

Rangkaian agenda terdiri atas kompetisi drone, virtual reality, hingga planetarium dalam genggaman. Kokpit pesawat CN-250 koleksi PT Dirgantara Indonesia dan alat tempur PT Pindad juga menjadi salah satu koleksi yang dipamerkan.

Agenda ini tak hanya diperuntukkan bagi pelaku IPTEK, namun juga masyarakat umum yang tertarik dan ingin belajar dan tahu lebih dalam tentang perkembangan teknologi dalam negeri. Masyarakat dapat berkunjung secara gratis di festival yang dibuka pada pukul 10.00-19.00 WIB. (OS/IB)