Youtube Keluarkan Fitur Anti-Skip Iklan

Youtube Keluarkan Fitur Anti-Skip Iklan
Logo platform Youtube. (Youtube.com)

Youtube berencana meluncurkan fitur anti-skip iklan (Non-skipable Ads) di platformnya. Fitur ini ditujukan untuk para content creator agar lebih bersemangat dalam berkarya dan menghasilkan uang dari iklan.

Inibaru.id – Youtube mengeluarkan pengumuman tentang fitur anti-skip iklan (non-skipable ads) di platformnya pada Jumat (24/8/2018). Fitur tersebut rencananya meluncur minggu depan. Para content creator yang memenuhi syarat bakal mendapatkan pemberitahuan di dasbor mereka.

Theverge.com, Jumat (24/8), menulis fitur ini memang dirancang untuk para content creator. Mereka yang bergantung pada iklan akan sangat diuntungkan dengan adanya fitur anyar itu. Namun, hanya content creator yang ikut program Mitra Youtube melalui pengaturanlah yang bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Untuk mendapatkan uang dari iklan, sebuah video setidaknya tayang selama 4 ribu jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir. Selain itu, content creator juga harus memiliki seribu penonton berlangganan.

Kalau sudah memenuhi syarat itu, para pembuat konten bisa melakukan content monetizing. Para pengiklan akan menayangkan iklannya di video para content creator. Pembayaran iklan dilakukan berdasar akumulasi waktu tayang dari iklan tersebut. Para pengiklan akan membayar kepada Youtube sebelum kemudian ada pembagian hasil dari Youtube dengan para content creator.

Dengan hadirnya fitur anti-skip iklan, para content creator akan lebih dimudahkan untuk mendapat penghasilan dari iklan yang ada di kontennya. Bila para Youtubers mengaktifkan fitur ini, video-video yang sudah diunggah sebelumnya juga akan ikut terdampak.

Fitur tersebut dihadirkan Youtube dengan harapan para content creator dapat lebih masif dalam berkarya. Namun, dampak buruknya, para penonton harus lebih sabar menikmati suatu video karena nggak bisa lagi melompati iklan yang ada dalam video tersebut.

Hm, kalau menurutmu bagaimana, Millens? (MG12/E04)