Yahoo Messenger Ditutup, Begini Cara Unduh Riwayat Obrolan

Yahoo Messenger Ditutup, Begini Cara Unduh Riwayat Obrolan
Yahoo Messenger resmi tutup pada Rabu (18/7/2018). (Tek.id)

Yahoo Messenger resmi tutup pada Rabu (18/7). Namun, kamu tetap bisa mengunduh obrolanmu dengan cara berikut.

Inibaru.id - Aplikasi pesan instan Yahoo Messenger resmi ditutup pada Rabu (18/7/2018). Penutupan ini bersifat selamanya, jadi kamu sudah nggak bisa lagi menggunakannya di masa yang akan datang. Namun, kamu masih bisa mengunduh obrolan lamamu di Yahoo Messenger, kok.

Lewat laman resminya, Yahoo mengumumkan penutupan Yahoo Messenger. Penutupan ini terjadi karena Yahoo sedang fokus mengembangkan aplikasi baru yang diklaim akan lebih sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Kendati begitu, Yahoo mengatakan belum ada aplikasi pengganti Yahoo Messenger hingga hari ini seperti yang ditulis Kompas.com, Selasa (17/7).

Eits, tapi kamu masih bisa mengunduh riwayat obrolan lamamu hingga November mendatang, Millens. Coba ikuti cara-cara berikut ya.

  1. Pertama, kamu harus login ke Yahoo terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, kamu harus melalui proses verifikasi. Setelah itu masukan "Account Key" berisi nomor serial, yang akan dikirim melalui SMS ke nomor ponsel terdaftar. Kemudian klik "Download". Masukan alamat e-mail untuk mengirim arsip riwayat obrolan lantas klik "OK".
  3. Jangan lupa untuk memeriksa e-mail untuk memastikan apakah benar arsip obrolan telah dikirim atau belum. Yahoo menyebut jika penghentian Yahoo Messenger tidak memengaruhi produk Yahoo yang lain, seperti Yahoo Mail, Yahoo Fantasy, dan sebagainya.

Yahoo Messenger kali pertama diperkenalkan pada 1998 dengan nama Yahoo Pager. Saat itu, layanan pesan instan hanya tersedia di dekstop yang digunakan sebagai alternatif komunikasi via surat elektronik (email) dan SMS. Jauh sebelum dominasi aplikasi pesan instan milik Facebook, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, WeChat, dan Snapchat, Yahoo Messenger bisa dikatakan menjadi nenek moyang aplikasi pesan instan itu.

Hayo, yang punya akun Yahoo Messenger, segera unduh riwayat obrolanmu ya kalau nggak mau kehilangan obrolanmu di aplikasi itu. (IB11/E04)