Tiga Pemuda Asal Solo Ini Bikin Aplikasi Saingi Facebook

Media sosial asli buatan anak bangsa ini memiliki banyak fitur unggulan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Tiga Pemuda Asal Solo Ini Bikin Aplikasi Saingi Facebook
Foto: cakrawala.co

Inibaru.id - Indonesia patut berbangga dengan tiga pemuda asal Solo ini. Bagaimana tidak, jika biasanya kita menggunakan aplikasi media sosial dari negara lain seperti Facebook, Instagram, atau Whatsapp, maka kini kita bisa menggunakan aplikasi media sosial asli tanah air bernama Oorth ciptaan mereka.

Oorth ini, Medsos baru asli Indonesia yang menggali unsur budaya lokal dan mampu bersaing dengan aplikasi lainnya yang sudah dikenal masyarakat luas seperti Facebook, Instagram, dan Whatsapp,” tutur Krishna Adyangga, salah seorang pencipta Oorth sebagaimana dikutip dari Antaranews (17/9).

Tak hanya Krishna, pencipta Oorth lainnya, Mulyono Herman MIT serta Dewanggono Mulyo menyebutkan bahwa unsur budaya lokal yang dikedepankan oleh Oorth akan membuatnya mampu bersaing di tingkat lokal hingga Internasional dengan media sosial yang sudah memiliki nama besar lainnya.

Baca juga: Luar Biasa! Beton dari Kaleng Ciptaan Tiga Mahasiswa ITB

Krishna dan kawan-kawan menyebutkan bahwa ide awal dari pembuatan media sosial ini adalah sebagai jawaban akan kebutuhan cukup banyak komunitas yang belakangan ini bermunculan di Indonesia. Sebagai contoh, komunitas terkenal seperti Koin Peduli Prita, Gerakan Komunitas Jalin Merapi, hingga kebutuhan arisan warga kompleks. Dengan menggunakan Oorth yang kaya akan budaya lokal sehingga mudah untuk digunakan, maka komunikasi para anggota komunitas ini bisa terjalin dengan baik.

“Kami berharap masyarakat dengan pengenalan Oorth dalam versi beta ini, pengguna dapat mengenal aplikasi dalam fungsi dasarnya terlebih dahulu, sebelum mereka waktu dekat bisa mengunduh di fitur Google Playstore,” lanjut Krishna.

Di dalam aplikasi ini, terdapat empat fitur unggulan yakni Chat, Stream, Digital Wallet, serta Donasi. Empat fitur ini disebut-sebut sesuai dengan kebutuhan berbagai komunitas di Indonesia dalam menggunakan media sosial.

Baca juga: Mau Tahu Proses Bikin Beton dari Kaleng? Baca ini…

Sebagai contoh, kita bisa melestarikan budaya saling bertegur sapa dengan menggunakan fitur Chat. Kita juga bisa mengakses kabar atau informasi terkini dengan fitur Stream.

Fitur yang sangat sulit ditemukan di media sosial lainnya adalah Digital Wallet dan Donasi. Digital Wallet bisa menjadi tempat untuk melakukan transaksi secara online dengan transparan dan realtime. Sementara itu, fitur Donasi bisa menjadi tempat menggalang donasi atau kampanye sosial lainnya. Fitur terakhir tentu akan sangat bermanfaat bagi kebiasaan khas masyarakat Indonesia yang suka saling bergotong-royong untuk membantu orang lain.

Untuk mengunduh aplikasi Oorth ini, kita hanya perlu mengunjungi situs oorth.id. Setelahnya, kita hanya tinggal membuka File Manager dan klik Instal. (AW/SA)