Ganjar Luncurkan Tiga Aplikasi Layanan Publik Saat Pesta Rakyat Jateng 2018

Ganjar Luncurkan Tiga Aplikasi Layanan Publik Saat Pesta Rakyat Jateng 2018
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan tiga aplikasi layanan publik saat Pesta Rakyat Jateng 2018. (Tribunjateng.com/Mamdukh Adi Priyanto)

Saat Pesta Rakyat Jateng 2018, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan tiga aplikasi layanan publik untuk masyarakat Jawa Tengah. Ketiga aplikasi itu diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Inibaru.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan tiga aplikasi layanan publik baru saat Pesta Rakyat Jateng 2018, Kamis (18/8/2018). Pada acara yang diselenggarakan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah itu Ganjar meresmikan aplikasi Jaringan Informasi Pelayanan Publik (JIPP), Sistem Informasi Desa (Sidesa), dan Jateng SLIM (Sistem Layanan Informasi Mobile).

Aplikasi JIPP dibentuk sebagai sarana penyebarluasan dan pembelajaran inovatif agar masyarakat bisa saling belajar dan bertukar informasi tentang praktik dan program inovatif. Aplikasi ini diinisiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng melalui Biro Organisasi serta melibatkan perguruan tinggi, media massa, organisasi masyarakat sipil, Kementrian PAN-RB, dan mitra pembangunan lainnya serta didukung Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) Kemitraan Pemerintah Indonesia-Australia.

Melalui aplikasi ini masyarakat dapat berhubungan langsung dengan pemilik usaha inovatif melalui contact person serta dapat menambahkan masukan dan komentar.

Selain JIPP, ada juga aplikasi Sidesa. Ganjar memaparkan, Sidesa merupakan pusat data, informasi, dan forum komunikasi penyelenggaraan pemerintah yang terintegrasi ke Pemerintash Provinsi Jawa Tengah seperti dilansir Tribunnews.com, Sabtu (18/8). 

Ada pula aplikasi Jateng SLIM yang berguna untuk mengakses informasi publik, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), portal data Jateng, dan E-Monev Jateng. Oh iya, tiga aplikasi itu bisa diakses melalui ponsel berbasis Android, lo.

Semoga ketiga aplikasi itu benar-benar bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik ya. (MG12/E04)