Supaya Nggak Boros Baterai, Lakukan Ini pada Laptopmu!

Supaya Nggak Boros Baterai, Lakukan Ini pada Laptopmu!
Mengatur ulang laptopmu bisa menghemat penggunaan daya. (Videoblocks.com)

Baterai laptopmu cepat habis? Kamu bisa lakukan trik-trik ini supaya lebih awet.

Inibaru.id - Kehabisan baterai laptop saat sedang bekerja kadang menjadi momen yang menyebalkan bagi sebagian orang, apalagi kalau pas nggak bawa kabel pengisi baterai. Belum lagi bila di daerahmu sedang ada pemadaman listrik. Wah, bisa mengubah mood tuh.

Eits, tapi momen menyebalkan itu bisa kamu cegah, kok. Berikut beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar baterai laptopmu lebih hemat.

1. Aktifkan Mode Penghemat Baterai

Jika baterai laptopmu tinggal 20 persen, cobalah aktifkan mode penghemat baterai. Cara mengaturnya gampang, kok. Bukalah Settings > Systems > Battery > Battery Saver Settings > lalu atur sesuai persentase yang kamu inginkan. Fitur manajemen penggunaan daya ini bisa kamu dapatkan secara otomatis jika sudah memasang Windows 10 di laptopmu. Jadi, buat kamu yang belum memasangnya, buruan pasang ya.

2. Kurangi Kecerahan Layar

Beberapa pengguna mungkin nggak tahu jika tingkat kecerahan layar ternyata berpengaruh pada cepat atau tidaknya baterai laptop habis. Jadi, cobalah cek tingkat kecerahan layarmu dan aturlah sesuai kebutuhan. Semakin redup layarmu, tentu semakin lama bateraimu bakal bertahan.

3. Matikan Bluetooth atau Perangkat Lain

Perangkat-perangkat seperti bluetooth atau inframerah yang menyala  memiliki andil untuk mengurangi daya bateraimu. Jika nggak kamu gunakan, sebaiknya matikan saja perangkat-perangkat itu. Kalau kamu juga lebih sibuk dengan gawaimu daripada laptopmu, cobalah berhenti sebentar untuk memutus koneksi laptopmu dengan jaringan WiFi dan aktifkan mode airplane.

4. Tutup Aplikasi yang Nggak Digunakan

Seringkali saat asyik berselancar di internet atau mengerjakan sesuatu, orang juga membuka beberapa aplikasi sekaligus. Jika sudah hampir kehabisan baterai, tutup saja beberapa aplikasi dan gunakan yang paling penting. Ini akan membuat bateraimu bertahan lebih lama.

5. Atur Volume Tetap Rendah

Kamu hobi mendengarkan musik atau menonton film dengan volume yang kencang? Hm, kalau sudah kepepet, sebaiknya jangan lakukan ini ya. Volume suara yang kencang akan membuat bateraimu cepat habis.

6. Aktifkan Fitur Hibernasi

Saat kamu nggak menggunakan laptopmu, jangan menggunakan mode sleep karena meski sedikit, mode ini tetap akan menguras bateraimu. Sebaiknya, pilih mode hibernasi sehingga daya baterai benar-benar nggak ada yang terpakai.

Selamat mencoba, Millens. (IB15/E04)